Mengenal Istilah Comfort Food, Makanan Penghilang Stres

Mengenal Istilah Comfort Food, Makanan Penghilang Stres
SHUTTERSTOCK

Sedang lelah dan kurang berkonsentrasi belakangan ini? Mungkin, kamu membutuhkan comfort food.

Pernah dengar tentang comfort food? Belum... Yep, comfort food adalah sebuah istilah yang diberikan pada jenis makanan yang bisa memberikan rasa nyaman dan suasana hati yang baik pada diri penikmatnya. Bagi yang belum tahu, comfort food memiliki banyak jenis dan itupun tergantung pada pengalaman pribadi masing-masing orang. Misalnya, masakan buatan ibu yang memiliki cita rasa lezat sekaligus menimbulkan nostalgia atau jenis makanan yang sudah dikenal memiliki efek baik bagi pikiran dan tubuh penikmatnya.

Berbagai penelitian sudah terbukti adanya hubungan erat antara makanan yang dikonsumsi dengan suasana hati yang dihasilkan. Ada makanan yang bisa menghasilkan suasana hati yang baik saat dikonsumsi secara rutin dan ada juga makanan yang malah bisa membuatmu stres. Lho? Hal ini terjadi karena adanya nutrisi tertentu yang bisa mempengaruhi saraf sehingga bisa meningkatkan suasana hati dan meningkatkan konsentrasi seperti beberapa makanan-makanan ini.

Kacang Tunggak: Bisa Meningkatkan Konsentrasi dan Motivasi

SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Saat kamu sedang merasa lesu, stres, dan sulit berkonsentrasi, kamu bisa mengonsumsi kacang tunggak atau kacang tolo. Jenis kacang ini kaya akan asam folat yang baik untuk merangsang hormon dopamin dan serotonin. Kedua hormon ini berkaitan untuk membangun suasana hati yang baik dan peningkatan daya ingat. Selain itu, kacang jenis ini juga mengandung zat besi.

Kacang Almond: Meredam Rasa Amarah

SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Selain kacang tunggak, kacang almond juga baik untuk tubuh. Kacang almond merupakan sumber asam amino triptofan yang sangat baik. Asam amino ini berfungsi untuk pembentukan hormon serotonin yang berpengaruh terhadap kestabilan fungsi emosional seseorang.

Baca: Jangan Konsumsi Makanan Ini Setelah Olahraga!

Bayam: Mengusir Brain Fog

SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Brain fog adalah suatu kondisi saat kamu mengalami kesulitan berpikir dan mengingat. Hal ini bisa terjadi ketika kamu sedang stres, kekurangan tidur, atau sudah berusia lanjut. Jangan khawatir, karena ada beberapa makanan yang bisa membantu mengatasi hal ini, salah satunya adalah bayam. Sayuran hijau ini mengandung asam folat, lutein, dan zeaxanthin yang bisa membantu memperkuat daya ingat dan faktor kognitif pada otak.

Teh Hijau: Menenangkan Pikiran

ISTOCK
ISTOCK