Hati-hati! Mengoleskan Balsam di Hidung Saat Flu, Bisa Memicu Penyakit Fatal

Mengoleskan Balsam di Hidung Jadi Pemicu Penyakit Fatal
Hidung tersumbat

Jangan asal mengolekan balsam saat sakit flu atau hidung tersumbat, karena hal itu bisa menimbulkan komplikasi penyakit.

Banyak orang sering kali menerapkan cara tradisional untuk menyembuhkan penyakit, misalnya dengan mengoleskan balsam di sekitar hidung untuk meredakan flu. Padahal, cara tersebut keliru dan bisa menimbulkan penyakit yang lebih fatal, lho. Yuk simak penjelasannya!

Balsam sendiri merupakan obat gosok berupa minyak yang dipadatkan untuk membantu meredakan nyeri pada otot. Beberapa balsam memiliki kandungan minyak eucalyptus, yang dianggap mampu membantu menyembuhkan penyumbatan di hidung.

SHUTTERSTOCK
Sakit flu

Namun, seorang dokter baru-baru ini membuat postingan Facebook dan menjelaskan bahwa mengoleskan balsam di sekitar hidung, justru bisa menyebabkan komplikasi kesehatan jangka panjang.

Baca juga: Awas! Tidur Lebih dari 8 Jam Berisiko Tinggi Terkena Stroke

Menurut dokter Hawa J. Edriss, yang bekerja di Rumah Sakit St. Joseph di Amerika Serikat, seorang pasiennya dirawat karena mengalami gangguan pernapasan dan didiagnosis pneumonia.

Hal itu terjadi akibat sang pasien selalu menggunakan balsam (Vicks VaporRub) di lubang hidungnya sambil menarik napas, untuk menghilangkan gejala-gejala seperti hidung tersumbat. Parahnya, hal itu telah dilakukannya selama lebih dari 10 tahun.

Setelah pemeriksaan lebih lanjut, akhirnya ditemukan bahwa pasiennya menderita suatu kondisi yang disebut pneumonia lipoid eksogen. Penyakit yang cenderung langka tersebut, biasanya disebabkan oleh inhalasi atau aspirasi lemak hewan, minyak nabati, atau minyak mineral.

Vicks VaporRub
Vicks VaporRub

Dokter Hawa melanjutkan, kondisi tersebut dapat bermanifestasi secara radiologis dalam 30 menit inhalasi, dan juga bisa membuat paru-paru mengeruh dalam waktu 24 jam.

Jadi sebagai bentuk pencegahan, sebaiknya kamu tidak lagi mengoleskan balsam di sekitar area hidung, karena kandungannya yang bisa menyebabkan kekeruhan paru-paru.

Saat hidung mulai tersumbat, ada baiknya berkonsultasi dan meminum obat dari dokter untuk menghindari timbulnya komplikasi penyakit. Mulai sekarang lebih waspada sebelum mengonsumsi obat ya woop ladies.

Selanjutnya: Mengikuti tren diet yang semakin berkembang, hasil studi terbaru menyebutkan bahwa berpuasa juga bisa menjadi alternatifnya.

Loading Facebook Comment ...