Minum 2 Liter Air per Hari Demi Kulit Sehat Itu Mitos! Ini Faktanya

Minum 2 Liter Air per Hari Demi Kulit Sehat Itu Mitos! Ini Faktanya
iStock
Minum 2 Liter Air per Hari Demi Kulit Sehat Itu Mitos! Ini Faktanya

Minum ekstra air putih rupanya tidak membantu untuk kesehatan kulit. Lalu harus gimana?

Kulit menjadi bagian organ terbesar dari tubuh yang sering kita anggap remeh ketika sedang sehat. Professor Sara Brown, selaku peneliti senior di University of Dundee mengaku sering mendengar ‘saran-saran’ yang dipercaya masyarakat membantu membuat kulit lebih sehat namun itu menyesatkan. Waduh!

Ahli dermatologis itu menjabarkan beberapa mitos seputar kesehatan kulit.

Mitos: Minum 2 liter air per Hari untuk kulit sehat

img

Jumlah ari yang kamu minum tidak seacraa langsung memengaruhi kulitmu. Air disuplai oleh darah yang mengalir melalui lapisan dalam kulit dan air ‘hilang’ dari epidermis terutama ketika cuaca sedang kering.

Air dibutuhkan untuk menjaga hidrasi kulit dan ketika kamu mengalami dehidrasi serius maka kulit menjadi kusam dan kurang elastis. Pada orang-orang yang sehat, ginjal, jantung, dan pembuluh darah mengendalikan jumlah air untuk menjaga kulit sehat. Tidak ada volume air yang tetap untuk kamun kansumsi setiap hari. 

Mitos: Makan cokelat bisa sebabkan jerawat

img

Ini juga salah kaprah, ladies.Jerawat umumnya bertahan hingga usia 30-an dan 40-an. Jerawat terjadi akibat interaksi efek hormonal pada kelenjar lemak kulit ditambah respon kekebalan kulit terhadap pori-pori yang tersumbat. Belum lagi mikroba yang hidup di kulit.

Mengonsumsi makanan tinggi lemak tidak bagus buat kesehatan tapi tak menyebabkan jerawat. Bahkan minum obat jerawat parah seperti pil khusus disarankan untuk ditelan bersamaan dengan makanan berlemak—dan itu bisa termasuk cokelat.

Mitos: Garis putih pada kuku tanda kekurangan kalsium

img

Banyak orang beranggapan garis putih yang muncul pada kaku tanda kekurangan kalsium. Ini juga salah kaprah. Kuku diproduksi dalam matriks kuku (area bawah kulit di tepi atas kukumu). Saat matriks mengalami trauma karena terbentuk, kegigit, terjadi ketidakteraturan pada kuku yang berkembang dan udara menjadi terperangkap. Ini muncul garis putih saat kuku tumbuh. Kalsium memang penting untuk kuku sehat (tulang dan gigi). Tapi garis putih ini bukan tanda kekurangan kalsium.

Selanjutnya: Ketahui pula topik apa saja yang sebaiknya tidak dibicarakan dengan teman kantor