Dokter Menyebutkan, Minum Terlalu Banyak Air Bisa Membahayakan Tubuh

Minum Air Terlalu Banyak Berbahaya Bagi Tubuh
Minum air mineral

Terlalu banyak minum air ternyata bisa berakibat fatal untuk kesehatan. Simak penjelasannya lebih lanjut oleh dokter!

Air mineral memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, untuk itulah para dokter kerap menyarankan untuk mengonsumsi banyak air mineral dalam sehari. Namun tahu kah kamu, minum air terlalu banyak justru dapat menyebabkan masalah bagi tubuh, lho!

Lewat akun Twitter pribadinya, seorang dokter asal Malaysia @HausofHilton, mengatakan bahwa minum air terlalu banyak justru dapat menyebabkan sawan atau kejang. Hal itu bermula saat sebuah postingan yang menyuruh minum air mineral hingga 7 liter menyebar di media sosial.

Pemilik akun bernama Nimelesh itu lalu menyanggah dengan mengatakan, “Ya, kami para dokter memang menyarankan orang untuk minum air, tetapi hanya dua hingga tiga liter per hari. Minum air berlebihan berbahaya bagi tubuh."

Ia lalu melanjutkan, "Skenario terburuk, hal itu bisa menyebabkan kejang."

iStock
Minum air mineral

Tak berhenti sampai situ, ia menyambung Twit tersebut lewat utas panjang yang menjelaskan, bahwa terlalu banyak air dalam sistem tubuh dapat menyebabkan hiponatremia, yaitu kondisi gangguan elektrolit ketika kadar natrium (sodium) dalam darah lebih rendah dari batas normal, yang bisa menyebabkan kejang.

Baca juga: Perubahan Pola Makan Mampu Sembuhkan Autisme pada Anak

Memang benar bahwa mempertahankan kadar cairan dalam tubuh adalah hal yang penting, tetapi minum terlalu banyak air terbukti buruk untuk kesehatan. Menurut British Dietetic Association, Dr. Wendy Doyle, disarankan bagi satu orang untuk minum setidaknya 1,5-2 liter cairan sehari.

"Orang dewasa kehilangan sekitar 3 liter cairan sehari, tetapi itu tidak berarti kita perlu minum tiga liter air, lewat makanan padat setidaknya tersedia satu liter dan 300 - 500 ml air yang diproduksi sebagai produk sampingan pencernaan." ucapnya.

Nah jika melihat hal tersebut, maka ada baiknya kita mengikuti saran dokter, karena apa sesuatu yang lebih belum tentu punya manfaat yang lebih juga. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter juga ya, untuk memahami sepenuhnya apa yang dibutuhkan tubuh mereka untuk tetap sehat.

Selanjutnya: Tubuh yang tinggi selalu jadi idaman banyak orang. Berikut rekomendasi susu yang tinggi kalsium untuk menambah tinggi badan!

Loading Facebook Comment ...