Mutiara dari Korea Selatan: Bahan Produk Kecantikan yang Menjadi Tren Nomor Satu

Mutiara dari Korea Selatan: Bahan Produk Kecantikan yang Menjadi Tren Nomor Satu
ISTOCK

Sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu oleh bangsawan dari budaya lain.

Mutiara di dalam produk kecantikan sedang tren di Korea Selatan. Namun jika kamu berpikir ini adalah penemuan tercanggih, tunggu dulu.

Mutiara telah menjadi bagian dari perawatan kulit dan kesehatan dalam budaya Tiongkok selama lebih dari 2000 tahun. Keluarga bangsawan di kerajaan tersebut telah menggunakan bubuk mutiara untuk berbagai hal seperti mempercerah, mencegah keriput, dan pelindung sinar matahari. Bahan ini bahkan terdapa di Pharmacopoeia of the People's Republic of China dan telah dipakai untuk pengobatan tradisional untuk mengobati menggigil, insomnia, epilepsi, dan maag. 

Charlotte Cho, pendiri Soko Glam, mengatakan kepada Byrdie.com bahwa tren mutiara sedang melanda Korea sekarang, terutama untuk  bahan perawatan kulit kering dan sensitif, disebabkan "kaya akan mineral, memiliki lebih dari 15 jenis asam amino dan kalsium, dan memiliki kemampuan untuk menjadi pelembab dan pencerah. Dan mengandung antioksidan yang kuat." 

Seorang dermatolog Rachel Nazarian menambahkan bahwa meskipun formal studi dan percobaan klinis masih kurang atas bahan ini, tapi "butiran mutiara bisa berfungsi sebagai exfoliator fisik, membersihkan kulit dengan lembut dan pada dasarnya menggosok lapisan atas untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati." Menurutnya, penggunaan teratur akan membuat kulit terlihat lebih cerah dan lembut. 

Nazarian juga mengatakan bahwa mutiara mengandung conchiolin—protein kompleks yang terdapat di bagian luar kulit mutiara yang membuatnya kuat—yang diklaim oleh beberapa produk bisa menstimulasi produksi kolagen, meskipun menurutnya tidak banyak bukti ilmiah yang mendukung pernyataan tersebut. Inilah yang menurut Nazarian yang membuat tren mutiara sulit mendapatkan dukungan dari dunia medis. 

Seorang ahli kulit dari FixMD, Terrence Higgins, juga mengutarakan keraguan yang serupa kepada Byrdie.com dan, "sayangnya hanya ada sangat sedikit penelitian sains yang bisa mendukung klaim tersebut." 

Meski penelitiannya masih sangat terbatas, Nazarian mengatakan bahwa, "Tidak ada masalah keselamatan dengan menggunakan mutiara di dalam produk kecantikan—bahkan bisa digunakan setiap hari tanpa masalah."