Panduan Penting Memelihara Baju Terbuat dari Beludru

Panduan Penting Memelihara Baju Terbuat dari Beludru
JASON WU FALL 2017

Tetap halus meski lebih dari dua tahun. 

Tidak pernah ada tanda-tanda baju berbahan beludru akan punah seperti dinosaurus. Dari masa ke masa selalu ada saja tren beludru dalam bentuk sepatu, rok, celana, gaun sampai baju renang. Lagian, ada beberapa keuntungan memakai material ini—terkesan mewah, membuat kita terlihat seperti kembarannya Alexa Chung, menghangatkan badan sehingga orang selalu ingin memeluk kita. Dan jujur deh, siapa sih, yang tidak buru-buru mengelus velvet begitu kita melihatnya? Selain itu, bahan ini membuat baju lebih tahan lama dan layak menjadi investasi. Namun, ada sisi menyebalkan dari beludru. Velvet bisa berbekas dengan cepat, dan tidak bisa langsung dilemparkan ke mesin cuci, sehingga sebenarnya tidak terlalu praktis jika dikenakan tiap hari. Oleh karena itu, WOOP menuliskan beberapa tips agar velvet skirt-mu bisa bertahan sampai April tahun 2020.

Jangan pernah disetrika. Bahkan suhu rendah sekalipun bisa merusak teksturnya yang lembut.

Hati-hati saat menyimpannya. Ingat untuk selalu memberikan ruang yang cukup di sekitarnya—jangan ditumplek begitu saja. Jangan ditutup dengan apapun, karena akan berkeringat dan menghancurkan fabriknya.

Saat mencucinya… selalu cek label. Jika disarankan untuk dicuci dengan tangan, harus dilakukan dalam keadaan terbalik dengan cairan detergen lembut. Tekan dengan hati-hati untuk mengeluarkan air, tapi jangan sampai diperas. Gantung untuk mengeringkan dan jangan pernah gunakan penjepit karena akan merusak tekstur baju.

Hati-hati saat mengeringkan. Saat mengeringkan coat, jaket atau gaun, selalu gantung dengan hanger.

Bagaimana meminimalisasi kerusakan. Ini bukan sesuatu yang bisa dihindari, terlebih jika sering dipakai dan dicuci—kerahnya akan bergesekan dengan leher, lengan baju akan terlipat dan regang, pergelangan tangan akan bersentuhan dengan tangan, dan saat duduk bahannya akan tergencet kursi. Intinya, tidak ada cara untuk menghindari hal ini—kecuali dari pertama membeli hanya dipajang di lemari dan tidak pernah dipakai. Akan tetapi, jika ada bagian-bagian yang rusak bisa diperbaiki, pastikan mengunjungi dan minta pendapat tukang jahit sebelum semuanya terlambat. 

Loading Facebook Comment ...