Penyebab Kamu Sulit Tidur Selama Ini

Penyebab Kamu Sulit Tidur Selama Ini
ISTOCK

Dan membuat kantung matamu berukuran dua kali lipat dari mata panda. 

Apa yang dimakan dan minum sebenarnya sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur kita. Kenali jenis asupan apa saja yang sebaiknya dihindari, terutama jika kamu sering merasa susah terpejam di malam hari.

1. Kopi dan Teh

daihatsu banner

Kopi dan teh, yang mengandung kadar kafein mungkin baik untuk menjadi teman memulai hari, tetapi tidak untuk menutup hari. Kafein dapat menstimulasi pergerakan saraf sehingga menimbulkan peningkatan energi ekstra. Plus, pada beberapa orang kafein tidak bisa dicerna secara efisien dan membuat mereka merasakan dampaknya bahkan lebih lama setelah dikonsumsi. Jika kamu perlu mengonsumsi kafein, pastikan melakukannya minimal 4 jam sebelum waktu tidur.

2. Alkohol

Mungkin minum alkohol membuatmu tertidur lebih cepat, tapi penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsinya dapat mengganggu tidur dan menyebabkan kamu terbangun di antara jam tidur. Konsekuensinya, tidur menjadi tidak berkualitas dan membuat kamu merasa kurang beristirahat di pagi hari.

3. Dark chocolate

Meskipun berfungsi sebagai sumber antioksidan tinggi, dark chocolate dapat mengandung kadar kafein relatif tinggi yang bisa membuat bangun di malam hari jika kamu cukup sensitif. Cokelat hitam juga mengandung senyawa teobromin, feniletilamin, dan anadamin yang dapat memacu jantung berdenyut lebih kuat sehingga perlu dihindari sebelum tidur.

4. Makanan berlemak tinggi

Makanan ini akan membuat pencernaan bekerja ekstra sebelum tidur. Jika memaksakan diri untuk tidur setelah makan makanan ini, akan terjadi peningkatan risiko heartburn, yaitu asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan.

5. Makanan pedas

Makanan pedas meningkatkan metabolisme tubuh yang membuatmu lebih mudah terjaga di malam hari. Selain itu, makanan pedas dapat membuat panas perut. Even if you can eat spicy food without discomfort, kondisi tersebut dapat membuatmu lebih sulit tidur. Hal ini sering dikaitkan dengan adanya capsaicin, bahan aktif dalam cabai yang mempengaruhi tidur dengan perubahan suhu tubuh.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com