7 Penyebab Kulit Hitam dan Kusam, Plus Cara Mengatasinya!

7 Penyebab Kulit Hitam dan Kusam, Plus Cara Mengatasinya!
Penyebab Kulit Hitam dan Kusam

Banyak orang tidak menyadari kebiasaan-kebiasaan yang membuat kulit hitam dan kusam. Apa saja ya penyebabnya? Keep on scrolling!

Banyak perempuan Indonesia mendambakan kulit yang putih dan cerah. Padahal kulit asli orang Indonesia bewarna cenderung sawo matang. Kulit kamu terlihat menghitam dan kusam bisa terjadi karena berbagai faktor, dan banyak dari kamu yang tidak menyadari tentang beberapa kebiasaan ternyata jugsa bisa menyebabkan kulit kamu terlihat hitam dan kusam meskipun sudah melakukan perawatan kulit dirumah ataupun di salon.

Nah, kalian penasaran apa saja kebiasaan yang tidak disadari membuat kulit cenderung hitam dan kusam? Berikut Woop rangkum beberapa penyebab kulit hitam dan kusam, plus cara mengatasinya!

Penyebab Kulit Hitam dan Kusam

1. Tidak memakai tabir surya

sunscreen
sunscreen

Lupa memakai pelembab tabir surya untuk kulit kamu yang mudah kusam adalah salah satu kebiasaan buruk yang memicu kulit kamu menghitam. Lapisan lemak alami pada kulit akan berkurang dan bila kamu tidak memakai tabir surya, tampilan kulit kamu pasti lebih cepat menghitam dan semakin kusam.

2. Kurang mengonsumsi air putih

iStock
mengonsumsi air putih

Manfaar dari air putih sendiri adalah untuk menjaga kesehatan kulit seperti mendetoks tubuh, menghidrasi, mencerahkan serta melembabkan kulit dengan efektif. Bila kamu kurang mengonsumsi air putih, kulit kamu akan cenderung lebih cepat menghitam dan kusam.

3. Tubuh kurang nutrisi

ISTOCK
Tubuh kurang nutrisi

Kamu perlu memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengansung banyak zat antioksidan dan kurangi makanan berminyak. Karena bila tubuh kamu tidak ternutrisi dengan baik pasti kulit kamu lebih mudah kusam dan hitam.

4. Sering terkena polusi dan sinar matahari

Sering terkena polusi dan sinar matahari
Sering terkena polusi dan sinar matahari

Saat kamu beraktivitas di ruangan terbuka, pasti kamu sulit menghindari paparan polusi dan sinar matahari, kulit kamu akan mudah gelap dan terbakar. Sinar ultraviolet matahari berpotensi untuk merusak kulit kamu, sehingga terlihat lebih kusam dan hitam.

Baca juga: Panduan Rutinitas Perawatan Kulit (Pagi Sampai Malam) yang Harus Kamu Lakukan Setiap Hari

5. Tidur tidak teratur

tidur tidak teratur
tidur tidak teratur

Tidur sangat berperan penting untuk kualitas badan dan memperbaiki tekstur kulit, sangat berpengaruh juga untuk meremajakan kulit dan membangun sel kulit baru dan mematikan sel kulit yang rusak. Maka tidur lah dengan teratur bila ingin mempunyai kulit yang cerah dan tidak kusam.

6. Memakai skincare yang mengandung alkohol

skincare mengandung Alkohol
skincare mengandung Alkohol

Ternyata skincare yang mengandung alkohol juga berdampak buruk bagi kulit kamu. Efeknya adalah mengeringkan dan membuat kulit menjadi iritasi, sehingga kulit kamu terlihat kusam dan gelap.

7. Faktor stres

faktor stres
faktor stres

Bukan hanya dari pengaruh luar saja, ternyata pengaruh dari dalam tubuh juga sangat berpengaruh. Stress meningkatkan kortisol yang mempengaruhi aliran darah ke kulit sehingga kulit kehilangan cahaya alaminya.

Cara Mengatasi Kulit Hitam