Ternyata Bahaya! Ini Kenapa Kita Memiliki Uban di Usia 20-an

Memiliki Uban di Usia 20an? Mungkin Ini Penyebabnya
ISTOCK

Rambut berwarna putih (bukan karena diwarnai) di kepalamu bisa disebabkan banyak faktor.

You’re still in your 20s, dan kamu menemukan helaian rambut putih di kepala? OH NO! Ini hal-hal yang mungkin menjadi sebab rambutmu beruban sebelum waktunya.

  • Genetis

Jika ayah dan ibumu mulai beruban sejak usia muda, besar kemungkinan keturunannya akan mengalami hal yang sama. Tanya orangtua di usia berapa mereka mulai memiliki rambut putih.

  • Stress

Tidak ada studi atau penelitian yang dapat membuktikan stress berpengaruh langsung pada pertumbuhan uban, tapi memang hormon yang dihasilkan dari kondisi tertekan dapat mempengaruhi melanocytes, atau sel-sel produsen melamin yang memberi warna pada rambut.

  • Kondisi kesehatan

Dalam beberapa kasus, uban prematur / premature graying dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu, seperti masalah kelenjar tiroid, vitiligo atau kulit yang kehilangan pigmentasi, dan anemia pernisiosa (kekurangan vitamin B12). Make sure to check this to your doctor.

  • Rokok

Rokok, adalah musuh terbesar kesehatan kulit dan rambut. Sebuah studi tahun 2010 yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information menemukan bahwa kebiasaan merokok berpotensi menumbuhkan uban prematur dua setengah kali lebih besar dibandingkan dengan non-perokok. Tidak hanya dikaitkan dengan uban prematur, merokok juga bisa mengakibatkan kebotakan dini. Menurut The New York Times, bahan kimia dalam asap rokok dapat memecah sel-sel rambut dan memicu kerusakan rambut.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com