Sering Sakit Perut atau Kembung Usai Minum Susu? Ini Penyebabnya!

Penyebab Sering Sakit Perut atau Kembung Usai Minum Susu
Sakit perut usai minum susu

Sering mengalami sakit perut usai mengonsumsi makanan yang mengandung susu? Jika iya mungkin kamu memiliki kondisi ini!

Sering sakit perut mendadak setelah makan makanan yang mengandung susu, seperti keju dan milk tea? Jika iya, maka kamu perlu tahu penyebabnya lebih lanjut Woop Ladies!

Beberapa dari kita sering mengalami kembung dan dan kentut tiba-tiba setelah mengonsumsi makanan yang mengandung susu. Yep, hal itu terjadi bukan tanpa alasan, lho.

Buat kamu yang nggak tahu, kondisi tersebut dikenal dengan nama intoleransi laktosa. Menurut penelitian, orang Asia lebih rentan mengalami intoleransi laktosa dibanding orang Eropa.

Hampir semua anak memiliki kemampuan untuk mencerna laktosa (kandungan gula dalam susu mamalia), berkat bantuan enzim yang disebut laktase. Namun, enzim tersebut akan berkurang jumlahnya ketika anak-anak tumbuh melewati usia 5 tahun. Penuruan jumlah enzim itu dikenal juga dengan nama, laktase non-persistensi.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya!

Sakit perut usai minum susu
Sakit perut usai minum susu

Melansir dari Next Shark, manusia di awal peradaban memang seharusnya mengalami intoleransi laktosa. Tetapi, orang-orang di belahan bumi barat menjadi kebal terhadap laktosa berkat penemuan bidang agrikultur ribuan tahun lalu. Sejak itulah mereka mulai mencari sumber makanan dengan kandungan laktosa selain ASI manusia.

Nah, mereka yang tinggal di negara-negara dengan sinar matahari minim (negara Eropa Utara), perlu mengonsumsi lebih banyak susu untuk mendapatkan kalsium karena kekurangan Vitamin D dari matahari.

Hal ini yang menjelaskan mengapa orang-orang non-Asia bisa mengonsumsi susu lebih baik daripada orang Asia, terlebih mereka yang mendapatkan banyak sinar matahari di tempat asalnya.

Oleh karena itulah, masyarakat di negara-negara yang lebih dekat ke garis khatulistiwa memiliki prevalensi intoleransi laktosa yang lebih tinggi.

So, buat kamu yang merasa memiliki intoleransi laktosa, mulai sekarang coba kurangi konsumsi produk dengan kandungan susu. Agar lebih baik, kamu bisa berkonsultasi dulu kepada dokter, untuk mendapatkan porsi yang tepat.

Selanjutnya: Daun kelor merupakan daun asal India yang telah digunakan sebagai pengobatan tradisional selama ribuan tahun, lho. Berikut manfaatnya.

Loading Facebook Comment ...