Perawatan Kulit yang Harus Kamu Lakukan Jika Bekerja dari Malam Sampai Pagi

Perawatan Kulit yang Harus Kamu Lakukan Jika Bekerja dari Malam Sampai Pagi
ISTOCK

Pertanyaan: kapan harus memakai krim malam dan krim siang?

Alih-alih aktif dari jam 9 pagi sampai 5 sore seperti kebanyakan orang, hidupmu berbanding terbalik. Tidur pun saat matahari bersinar terang. Kamu yang memiliki pola hidup ala burung hantu ini biasanya misalnya adalah pekerja di rumah sakit, aktor, model, polisi, staf di restoran/ toko buka 24 jam, editor malam sebuah kantor media, dll—mungkin juga presiden? Logikanya, jika hidupmu adalah antitesis dari pekerja siang (mayoritas orang), seharusnya perawatan kulitmu juga terbalik. Iya 'kan? Misalnya, saat memakai krim malam dan krim siang. Iya 'kan? 

Untuk mengetahui hal ini Woop bertanya kepada Dr. Ariana Suryadewi, M.Biomed (AAM), seorang ahli kulit. Berikut pembicaraan kami—dan solusi tentang day cream vs. night cream itu. 

APA PRINSIP UTAMA PERBEDAAN PEKERJA MALAM DENGAN PEKERJAAN REGULER?

Menurut Ariana, karena jam istirahat 'normal' manusia tidak digunakan oleh pekerja malam untuk beristirahat, kemungkinan terpapar radikal bebasnya lebih besar, "sehingga asupan antioksidannya harus lebih banyak," ujarnya. 

APA EFEK POLA KERJA SEPERTI INI TERHADAP KULIT? 

"Pastinya sangat mempengaruhi kulit," tukasnya dengan tegas. Ariana menjelaskan bahwa ada beberapa hormon yang memang diproduksi pada malam hari, saat kita sedang tidur. Sebut saja, misalnya melatonin, hormon yang diproduksi oleh otak, dan memiliki banyak fungsi di dalam tubuh; yang paling terkenal adalah tanggung jawabnya mengontrol ritme sirkadian (mengatur tidur dan bangun). 

"Melatonin ini seharusnya diproduksi malam, dan melatonin ini nantinya berpengaruh terhadap hormon pertumbuhan, yang kemudian mempengaruhi hormon-hormon lainnya, misalnya hormon seks, yang kemudian lagi mempengaruhi kulit. Jadi panjang dampaknya, padahal hanya karena melatoninnya tidak terproduksi dengan sempurna," paparnya. Dan itu baru satu hormon. 

BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKINYA? 

Pekerjaanmu mengharuskanmu lari ke sana kemari, berpikir dan aktif saat malam hari. Jadi, "meskipun tidak sehat, harus tetap di-maintain. Misalnya, tidurnya harus cukup. Tidur yang dilakukan dari pagi sampai siang itu harus tetap dilakukan selama delapan jam," Ariana mengingatkan. 

"Jika terpaksa sekali, kita bisa menyuntikkan [melatonin]. Bisa ditambahkan," ujar Ariana. Tapi itu jika terpaksa. Menurutnya, perawatan kulit dan keseimbangan hormon pun bisa tetap kita lakukan dari gaya hidup. "Misalnya perbanyak konsumsi antioksidan, bisa dari buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi lebih banyak," lanjutnya, "atau misalnya lagi dari tablet."