Peringatan Buat Jomblo Buka Puasa Sendiri Tak Bagus Buat Kesehatan

Peringatan Buat Jomblo Buka Puasa Sendiri Tak Bagus Buat Kesehatan
shutterstock

Hai kamu yang jomblo, sering buka puasa sendiri karena tak punya pasangan dan jauh dari keluarga? Hati-hati dampaknya bagi kesehatanmu.

Apakah kamu salah satu orang yang merantau ke Jakarta untuk menempuh pendidikan atau bekerja? Hingga harus jauh dari keluarga, apalagi belum punya pasangan pasti sangat terasa ya di bulan puasa ini.

Tidak hanya membuat sedih, sering buka puasa sendirian ternyata memiliki dampak buruk bagi kesehatanmu. Sebuah penelitian mengungkap orang yang suka makan sendirian cenderung mengalami sindrom metabolik atau kondisi yang terjadi secara bersamaan meliputi tekanan darah tinggi, kolesterol, dan pradiabetes.

Survei dilakukan oleh Obesity Research & Clinical Pratice pada 7.725 orang dewasa di Korea Selatan. Hasilnya menunjukkan pria yang makan seorang diri dikaitkan dengan 64% peningkatan risiko sindrom metabolik. Pria yang belum menikah memiliki risiko tiga kali lipat risiko sindrom metabolik.

Efek yang sama juga terjadi pada perempuan. Buat jomblo perempuan yang makan sendirian, 29% lebih mungkin terkenal sindrom metabolik dibanding mereka yang selalu makan bersama orang lain.

img

Studi sebelumnya juga pernah diungkapkan oleh Psychologilcal Medicine, “Orang yang cenderung makan sendirian mungkin merasa kesepian, terisolasi secara sosial, dan cenderung akan memilih makan cepat saji (tidak sehat). Makan lebih sedikit buah dan sayuran, serta makan pada waktu yang tidak teratur.”

Tidak hanya itu, Annalijn Conklin, asisten profesor ilmu farmasi di University of British Columbia menyebutkan, “Seseorang yang tidak memiliki pasangan akan berdampak pada kualitas tidur, akhirnya menyebabkan stres. Seperti yang kita tahu bahwa kurang tidur dan stres menciptakan lingkaran yang mengubah perilaku makan seseorang. Itu bisa menjadi salah satu hal yang mendorong pengalaman makan sendirian dan sindrom metabolik.”

Jadi buat para jomblo, akan lebih baik kamu buka puasa bersama teman ya atau sanak saudara yang lain. Jika memang mereka sedang sibuk masing-masing, mungkin mencari kenalan lewat online sambil usaha mengejar jodoh tak ada salahnya. Ajak dia ketemu dan buka puasa bersama. 

Selanjutnya: Kamu sedang memperiapkan pernikahan? Woop punya cara untuk menyiapkan budget agar hemat. Baca lengkapnya di sini.