Peringatan: Inilah 8 Tanda-Tanda Kurang Minum Air Putih

Peringatan: Inilah 8 Tanda-Tanda Kurang Minum Air Putih
ISTOCK

Mulai dari jerawatan, konstipasi, sampai bau mulut. 

“Minum air putih yang banyak,” begitu seruan ibu di rumah dari TK sampai berpuluh-puluh tahun kemudian. Memang apa alasannya? “Kata iklan begitu,” jawab si Ibu. Well, terlepas dari ketidak-tahuan si Ibu, penelitian menemukan alasan tentang pentingnya tetap terhidrasi sepanjang hari, mulai dari membantu memaksimalkan performa fisik, berhubungan dengan fungsi otak, kemungkinan mengurangi sakit kepala dan berat badan, sampai baik untuk mereka yang tadi malam terlalu banyak minum alkohol. Oleh karena itu sangat penting untuk memastikan kita minum air cukup setiap hari. Namun, bagaimana tahu bahwa air yang kita minum cukup? Jika tidak mengalami tanda-tanda di bawah ini, kemungkinan besar kamu aman. 

1. Bau Mulut

Tanda pertama yang akan kita temui ketika kurang minum air putih adalah bau mulut. Ternyata air putih itu menjadi pelumas untuk selaput lendir di mulut dan tenggorokan kita. 

2. Kulit Kering

Kurang minum air itu berpengaruh kepada kulit juga. Kulit kita akan menjadi kering dan mengalami dehidrasi karena tidak adanya keringat yang keluar dan jerawat pun akan muncul. Think about how much you have spent for that almost-robbed-your-account-acne treatment

3. Mata Kering

Mulut, kulit, dan mata merupakan organ tubuh yang penting. Kurang minum air putih juga tidak berdampak baik untuk kesehatan mata. Mata akan menjadi kering dan perih. Bukan cuma hati saja yang perih.

4. Kurang Konsentrasi

Sering lupa menaruh sesuatu atau sulit  konsentrasi, kita perlu waspada! Ada kemungkinan ini merupakan pertanda kita dehidrasi. Ternyata air putih juga bekerja untuk otak, agar otak mendapatkan oksigen sesuai dengan kebutuhan.

5. Sakit Tulang/Pinggang