Pertanyaan dari yang Baru Belajar Dandan: Apa Beda Bronzer dan Blush-On?

Pertanyaan dari yang Baru Belajar Dandan: Apa Beda Bronzer dan Blush-On?
ISTOCK

Basic Beauty 101.

Duh—ini pastinya dua hal yang berbedalah! Maafkan, mungkin fakta tersebut terang benderang bagi seorang beauty aficionado seperti Kylie Jenner atau Rihanna,, tapi buat pemula dan baru saja jatuh cinta dengan dunia dandan, blush-on dan bronzer... (perona dan perunggu?)... ehem... terlihat sama. 

“Secara singkat, blush dipakai untuk menambahkan warna lembut pada pipi. Sedangkan, bronzer dipakai untuk memberikan kesan kulit tampak sun-kissed atau sedikit kecokelatan,” jelas dr. Listya Paramita, sp.KK., seorang dermatolog dari Elshéskin Clinic, Yogyakarta. Ia menambahkan, “perbedaan yang cukup jelas tampak pada warnanya, blush-on cenderung muncul dengan warna-warna pink, peach atau plum. Sementara, bronzer biasanya berwarna cokelat atau gold.”

Menurutnya, perbedaan antara keduanya tidak hanya itu, tapi juga pada cara aplikasinya. “Blush diaplikasikan langsung pada pipi atau tulang pipi. Kalau bronzer dapat diaplikasikan pada tulang pipi, sudut alis bagian atas, tulang rahang atau bahkan pada area décolletage,” ujarnya.

Ah, tuh 'kan berbeda tapi sama. Namun, bagi para pemula, manakah yang lebih penting digunakan?

“Untuk pemakaian blush dan bronzer tergantung dari kesukaan masing-masing, styles make-up yang diinginkan atau acara apa yang akan dituju.” jawabnya.

Lalu bisakah mereka berdua ini saling menggantikan? Bronzer dipakai sebagai blush-on dan sebaliknya? “Tidak bisa. Karena fungsinya berbeda jadi tidak bisa dibolak-balik,” tegasnya.

Oke, kesimpulan sejauh ini: berbeda fungsi dan cara aplikasinya, tidak bisa saling menggantikan, dipakai sesuai dengan kepentingan situasi hati. Misalnya, “saat kamu ingin make-up natural yang lembut, cukup menggunakan blush tipis-tipis saja. Namun, saat ingin ber-make-up yang ekstra dan bold bisa gunakan blush dan bronzer secara bersamaan,” ujar Mita.

Selain itu, ada tips yang juga harus kamu tahu tentang blush-on dan bronzer.

DO'S 
  • Pilih warna/ shade yang sesuai dengan kulit.

  • Aplikasikan pada area-area yang ingin ditonjolkan.

HALAMAN
12