Punya Puluhan Produk Kecantikan Tapi Tetap Hemat? Bisa!

Punya Puluhan Produk Kecantikan Tapi Tetap Hemat? Bisa!
ISTOCK

J-E-N-I-U-S. 

Angkat tangan: siapa yang selalu tidak bisa menahan godaan untuk tidak membeli alat makeup? Ah, sepertinya kebanyakan perempuan sulit menahan godaan tersebut. Apalagi, setiap minggu selalu ada lipstik, eyeshadow, eyeliner, maskara terbaru dengan warna dan teknologi tercanggih. Coba hitung berapa pengeluaranmu setiap bulan untuk alat dandan yang terkadang warnanya sebenarnya seperti kembar itu? 

Jangan salah sangka: tidak ada yang melarangmu untuk membeli makeup setiap hari (bila perlu). Itu duitmu, hasil keringatmu, jadi kamu adalah pengatur sahnya. Namun, coba dalami perspektif ini: bahwa dengan membeli yang perlu, sejumlah uang tertentu bisa dialokasikan ke hal-hal lain yang selama ini sepertinya hanya sebatas mimpi? Misalnya, duit tersebut dikumpulkan dan dipakai untuk traveling domestik agar pikiranmu lebih segar? Yang perlu kamu lakukan adalah mencontek beberapa tips jenius ini agar hemat saat membeli produk kecantikan. 

1. Awasi Rak Diskon dengan Mata Elang

Perhatikan terus segala macam diskon di berbagai situs online. Saat ini, banyak e-commerce yang menawarkan berbagai kebutuhan sehari—pakaian, sepatu, tas hingga makeup. Biasanya, harganya lebih miring dibandingkan toko fisik karena mereka menawarkan flash sale, dan memberikan potongan yang cukup besar, sehingga kamu bisa mendapatkan merek favoritmu dengan harga yang lebih terjangkau.

2. Belilah dalam Ukuran Besar

Sekilas terlihat boros jika kamu membeli sesuatu dalam ukuran besar dalam satu hari yang sama. Rekening mendadak kempes! Namun, untuk jangka panjang hal ini sama dengan penghematan. 

3. Rawat Produk Kecantikan dengan Baik

Ternyata, produk kecantikan juga harus dirawat dengan penuh cinta! Jaga produk kecantikanmu agar bisa tahan lebih lama. Semakin lama mereka bertahan, semakin banyak uang yang bisa kamu simpan.

4. Jika Bisa, Buat Sendiri

Cara yang paling mudah untuk menghemat uang adalah menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah untuk merawat kulit dan tubuh. Body scrub, masker wajah, masker rambut merupakan beberapa contoh.