Ramuan Mengatasi Lingkaran Gelap yang (Mungkin) Belum Pernah Kamu Coba

Ramuan Mengatasi Lingkaran Gelap yang (Mungkin) Belum Pernah Kamu Coba
ISTOCK

Bahan-bahannya ada di dapurmu. 

Untuk yang punya masalah dengan kantong mata pasti sudah pernah mencoba timun atau kantong teh yang didinginkan. Pasalnya bagi beberapa orang kondisi ini sangat mengganggu—meski sebenarnya faktor penyebabnya tidak hanya karena kurang tidur. Beberapa pemicu lainnya termasuk genetik, pola makan, struktur tulang, dan pastinya begadang terlalu sering. Pada dasarnya, sirkulasi darah yang tidak lancar bisa menyebabkan lingkaran hitam kebiru-biruan (seperti habis ditonjok), yang merupakan akibat dari darah yang teroksidasi menumpuk di bawah permukaan kulit.

Selain timun, teh dan pijatan, ada beberapa cara lain untuk membantu mengurangi kondisi ini. Berikut di antaranya. 

1. Minyak Kelapa Murni Hangat

Karena mengandung konsentrasi asam lemak yang tinggi, minyak ini bisa membantu menyehatkan kulit sehingga jika dilakukan secara teratur dapat mengurangi transparansi tipis di bawah kulit mata.

Caranya: dengan menggunakan dua ujung jarimu, hangatkan sedikit minyak zaitun; lalu pijat di area sekitar mata sebelum tidur.

2. Makan Telur Rebus Bulat

Salah satu penyebab lingkaran gelap di bawah mata: defisiensi zat besi yang bisa mencegah darah membawa oksigen ke dalam jaringan kulit mata. Sementara, seperti yang kita tahu telur kaya dengan zat besi. 

Caranya: rebus telur bulat, makan sebelum atau sesudah lembur untuk mencegah mata letih. 

3. Masker Bubuk Kopi dan Yogurt

Selain enak, kafein merupakan salah satu obat tercanggih untuk mengencangkan pembuluh darah. Sementara yogurt membantu menghaluskan area di bawah mata dengan lactid acid natural yang terkandung di dalamnya.