5 Rekomendasi Obat Pilek Anak dan Bagaimana Cara Menanganinya

5 Rekomendasi Obat Pilek Anak & Bagaimana Cara Menanganinya
ilustrasi pilek pada anak

Rekomendasi obat pilek untuk anak-anak paling ampuh yang mudah di dapatkan di apotek dan bagaimana cara menaganinya

WOOP.ID - Pilek yang terjadi pada anak-anak merupakan kondisi yang umum, terutama di musim hijan. Rata-rata, anak-anak mengalami pilek setidaknya enak kali dalam setahun. Tidak hanya hidung yang terus menerus mengeluarkan ingus, pilek juga biasanya disertai dengan bersin-bersin, batuk dan hidung tersumbat.

Anak-anak sering terkena pilek karena tubuh mereka belum mampu membangun kekebalan terhadap banyak virus yang menjadi penyebab pilek. 

Pilek sering disebut juga infeksi saluran pernafasan atas, pilek banyak terjadi karena virus. Adal lebih dari 200 virus yang dapat menyebabkan pilek. Virus penyebab pilek menyebar dan menular melalui bersin, batuk, dan kontak langsung dengan pengidap. 

Ketika anak mengalami pilek, Mama bisa mencoba pengobatan rumahan terlebih dahulu. Cara tersebut dinilai cukup efektif dan aman untuk meredakan gejala pilek pada anak. Dengan begitu, anak bisa merasa lebih baik dan lebih nyaman. 

Penyebab Pilek Pada Anak

Ada banyak sebab dan factor penyebab pilek pada anak antara lain :

  • Virus yang paling umum yaitu Rhinovirus – ada lebih dari 100 macam.
  • Penjangkitan langsung. Virus pilek tetap aktif pada tangan seseorang yang terserang pilek selama sekitar tiga jam. Jika mereka menyentuh orang lain, dan orang lain tersebut kemudia menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka sendir, virus pilek akan menyebar.
  • Penjangkitan tidak langsung. Beberapa virus pilek dapat hidup pada permukaan seperti di atas meja dan di gagang pintu selama dua sampai tiga jam.
  • Menghirup partiker bervirus. Virus dapat dikeluarkan di udara oleh orang yang terinfeksi batuk atau bersin, kemudian dihirup oleh orang lain.

Cara terbaik untuk menghindari terserang pilek adalah dnegan sering bercuci tangan. Sebaiknya, jauhkan juga anak-anak dari orang sakit dan seka peralatan rumah tangga dan mainan dengan desinfektan.

Gejala Pilek Pada Anak

Ilustrasi anak laki-laki sakit demam
Ilustrasi anak laki-laki sakit demam

Gejala pilek pada setiap anak berbeda-beda, tetapi pada umumnya akan menunjukan gejala sebagai berikut :

  1. Hidung tersumbat atau berair
  2. Sering bersin
  3. Sakit tenggorokan dan telinga
  4. Batuk
  5. Sakit kepala
  6. Mata merah
  7. Pembengkakan kelenjar getah bening
  8. Terkadang juga disertai dengan demam

Anak seringkali akan kehilangan nafsu makannya, atau mungkin merasa mual atau muntah. Tubuhnya sudah pasti merasa tidak nyaman.

Gejala pilek biasanya berlangsung dari beberapa hari hingga seminggu atau bahkan bisa lebih. Namun, seringkali kondisi ini juga bisa pulih sepenuhnya tanpa masalah.

Meski begitu, tetap waspada dengan risiko komplikasi seperti infeksi telinga, radang tenggorokan atau croup, atau infeksi pada saluran pernapasan bawah, seperti bronkitis atau pneumonia.

Jadi, apabila gejala pilek pada anak tidak kunjung membaik, Mama bisa segera bertanya pada dokter anak bagaimana perawatan yang tepat. 

Cara Mengatasi Pilek Pada Anak

Sementara imunitas tubuh anak bekerja untuk melawan virus flu, Mama bisa membantu mengatasi pilek pada anak dengan beberapa cara mudah berikut ini :

  • Jaga Agar Anak Tetap Terhidrasi
Minum air mineral
Minum air mineral

Cara ini akan membantu mengurangi gejala pilek dan flu serta membuat anakk merasa lebih baik. Mama perlu tahu bahwa demam dapat menyebabkan dehidrasi.

Anak mungkin tidak merasa haus seperti biasanya, bisa juga tenggorokan mereka mungkin terasa tidak nyaman saat minum. Namun, asupan cairan harian tubuhnya tetap harus terpenuhi.

  • Membantu Melegakan Hidung Tersumbat 

Semprotan hidung dengan obat tidak dianjurkan diberikan pada anak kecil. Sebagai gantinya, Mama bisa menggunakan humidifier untuk membantu memecah lendir.

Pilihan lain adalah menggunakan semprotan atau tetes hidung saline yang membuat lendir tipis lebih mudah dihembuskan atau dikeluarkan.

  • Perbanyak Istirahat
Ilustrasi termometer rumah sakit
Ilustrasi termometer rumah sakit

Istirahat ekstra dapat membantu anak pulih lebih cepat. Perhatikan, Anak mungkin akan merasa sangat panas karena demam.

Sebaiknya, kenakan pakaian  yang nyaman dan hindari selimut tebal atau pakaian berlapis yang berlebihan yang bisa membuat mereka merasa lebih panas.

Mandi air hangat juga dapat membantu mendinginkan tubuh dan membuat rileks sebelum tidur siang atau tidur di malam hari.

  • Berikan Makanan Atau Minuman Hangat

Hal ini akan membantu melegakan tenggorokan dan membuat tubuh anak lebih nyaman. 

  • Berikan Air Madu

Madu kaya khasiat, terlebih untuk imunitas. Namun, hindari pemberian madu pada anak di bawah 1 tahun.

Inilah Beberapa Rekomendasi Obat Pilek Untuk Anak

Walaupun bukan penyakit yang serius, tetapi ketika anak pilek umumnya orangtua merasa sangat khawatir menghadapinya.

Rasa tidak nyaman yang dialami anak saat pilek bisa membuat anak rewel. Untuk itu, sebagai orangtua kita perlu sigap mencari pengobatan yang tepat agar pilek pada anak bisa segera mereda.

Agar tidak bingung, berikut Woop bagikan beberapa pilihan rekomendasi obat pilek anak yang tersedia di apotik yang aman dikonsumsi.

1. Hufagripp Pilek Biru Syrup 60 Ml

obat pilek anak
ilustrasi obat pilek anak

Obat pilek satu ini dilengkapi dengan kandungan bahan aktif Pseudoepherine dan Chlorpheniramine yang tepat untuk mengobati pilek pada anak secara efektif.

Aturan pakai obat ini disesuaikan dengan rentang usia. Perlu diperhatikan, obat ini tidak untuk dikonsumsi pada anak dibawah umur 2 tahun.

2. Actifed Sirup

obat batuk anak
ilustasi obat pilek anak

Obat dengan kemasan kuning ini aman diminum oleh anak mulai dari usia 2 tahun sampai orang dewasa. 

Kandungan Pseudoepherine pada obat ini mampu meredakan gejala hidung tersumbat pada area rongga hidung sehingga pernapasan anak menjadi lega.

Selain itu juga terdapat kandungan Antihistamin untuk mengurangi reaksi alergi yang ditandai dengan hidung berair dan bersin – bersin.

Hindari mengkonsumsi obat ini secara berlebihan. Penggunaan jangka pangjang beresiko menimbulkan kerusakan liver.

3. Anakonidin 30 Ml

ilustrasi obat pilek anak
ilustrasi obat pilek anak

Apabila anak memperlihatkan tanda-tanda seperti pusing, demam, hidung tersumbat disertai dengan bersin-bersin Anakonidin dipercaya ampuh meredakannya.

Obat ini bebas kandungan alcohol dan mengandung kombinasi Chlorpheniramine Maleate, Glyceryl Guaiacolate, serta Dextromethorphan HBr.

4. Bisolvon Kids Strawberry

ilustrasi obat pilek anak
ilustrasi obat pilek anak

Obat pilek untuk anak yang satu ini dapat diminum setelah makan karena untuk menghindari resiko nyeri lambung. Mengandung bahan aktif yang terbukti mampu mengobati flu yang disertai dengan pilek, demam, serta nyeri kepala pad anak. Bisolvon Kids ini dapat digunakan tanpa resep dokter.

5. Sanmol Sirup 30 Ml

ilustrasi obat pilek anak
ilustrasi obat pilek anak

Sanmol sirup ini diindikasikan untuk menurunkan panas atau demam pada anak, sekaligus membantu mengurangi rasa nyeri yang disebabkan karena flu. 

Nah, itulah beberapa pilihan merek obat pilek yang bagus untuk anak-anak. Jangan lupa untuk memastikan si buah hati Mama istirahat yang cukup dan mengonsumsi obat yang tepat.

Bila sakit pada anak masih berlanjut, bawalah anak untuk segera konsultasi ke dokter. Semoga rekomendasi ini dapat membantu ya Ma! 

Baca: Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Agar Tidak Malas Makan

Baca: 9 Daftar Makanan Terbaik untuk Perkembangan Otak Anak

Baca: Ini 5 Obat Maag Alami yang Paling Efektif!

Baca: Obati Sakit Gigi, Ini 9 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Baca: 7 Hal yang Harus Kamu tentang Vitamin