Banner

Sadar Gak sih Kalau Kamu Sering Salah Pakai Toilet?

Sadar Gak sih Kalau Kamu Sering Salah Pakai Toilet?
iStock

Kamu sadar nggak melakukannya? Pasti nggak…

Yap, banyak orang pergi ke toilet untuk ‘melegakan’ perut. Mungkin kamu hanya masuk ke toilet, duduk di atas kloset, menyiramnya secara otomatis, menyeka dengan tisu, mencuci tangan, lalu pergi. Betul?

Jika demikian maka kamu tanpa sadar masih melakukan kesalahan saat memakai toilet. Jika tidak disadari, banyak risiko yang mungkin dapat terjadi termasuk kanker. Duh!

Untuk itu, perempuan perlu tahu apa saja kesalahan saat menggunakan toilet. 

  • Tidak Cek Warna Pupmu

img

Salah satu alasan orang meninggal karena kanker usus adalah kurang aware akan pup mereka. Warna pup bisa menggambarkan kesehatanmu saat itu. Maka dari itu, coba periksa warna pupmu secara teratur dan jika ada indikasi terhadap penyakit tertentu bisa segera pergi ke dokter. Cari pengetahuan tentang bagaimana warna pup yang sehat dan kalau menunjukkan penyakit tertentu terutama bila ada darah.

Charlotte Dawson selaku Kepala Informasi di Bowel Cancer Inggris mengatakan bahwa kotoran yang berwarna cokelat termasuk sehat. Jika warnanya berubah, kamu perlu memeriksakannya.

  • Pakai Tisu Toilet Tanpa Air

img

Apa kamu termasuk perempuan yang selalu menggunakan tisu toilet tanpa air? Ini juga menjadi kesalahan yang sering dilakukan. Beberapa kamar mandi umum khususnya di luar negeri hanya menyediakan tisu toilet tanpa air.

Tisu memang menghapus sebagian besar kotoran tapi tetap bisa ‘meninggalkan’ sisanya. Rose George, penulis The Big Necessity: The Unmentionable World of Human Waste and Why It Matters mengatakan bahwa tisu toilet tidak bisa membersihkannya hingga tuntas. 

“Kamu tidak akan mandi hanya dengan handuk kering bukan? Mengapa kamu berpikir kalau tisu bisa membersihkan?”

Jika tidak ada air maka kamu bisa gunakan tisu basah setelah menggunakan toilet. Atau kamu bisa siapkan sebotol air dan menyekanya menggunakan air. 

  • Banyak Kloset yang Bentuknya Tidak Normal

img

Tahukah kamu kalau banyak kloset tidak memiliki bentuk tempat duduk yang ‘sehat’? Sebagian besar dari kita dibiasakan untuk pup dengan cara duduk tapi para ilmuwan percaya bahwa posisi terbaik adalah benar-benar jongkok. Seharusnya kloset dibuat dengan posisi sedikit rendah sehingga kita seperti jongkok. 

Posisi jongkok akan membuka usus besar yang membantu mengeluarkan kotoran dalam tubuh lebih cepat. Ini bisa mengurangi sembelit dan hal-hal menyakitkan lainnya. 

Para ilmuwan dari Ohio State University Wexner Medical Center mendapatkan 52 perempuan dan pasangan mereka  untuk melakukan survei bagaimana buang air besar serta kebiasaan mandi selama dua minggu. 

Meski semua orang berusia muda dan sehat namun mereka mengaku memiliki masalah termasuk dalam urusan mengejan, ada darah di kotoran, serta ‘pengosongan’ tidak selesai yang berkaitan dengan sembelit. Ini bisa karena bentuk klosetmu yang kurang sehat.

Selanjutnya: Kamu juga perlu tahu cara ampuh dan alami menghilangkan bekas jerawat.