Sembuhkan Sakit Tenggorokan Dengan Bahan Makanan Ini

Sembuhkan Sakit Tenggorokan Dengan Bahan Makanan Ini
ISTOCK

Sedang mengalami sakit tenggorokan? Woop ingin menyarankan kamu untuk mengonsumsi delapan bahan makanan ini. 

Cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini bisa membuat kita dengan mudah terserang penyakit. Salah satunya adalah sakit tenggorokan. Menjadi pertanda awal dari pilek, batuk dan flu, penyakit ini membuat kita tidak nyaman, karena susahnya menelan makanan dan tenggorokan terasa terbakar. Sakit tenggorokan ini terjadi karena adanya iritasi atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus.

Terlepas dari apapun penyebabnya, sakit tenggorokan dapat benar-benar mengganggu segala aktivitas yang dijalankan. Sehingga membuatmu ingin buru-buru ke rumah sakit dan menyembuhkannya. Sebenarnya, ada beberapa bahan makanan terbaik yang bisa dikonsumsi untuk meredakan sakit tenggorokan dengan cepat.

Deretan Makanan yang bisa Meredakan Sakit Tenggorokan

Kaldu Sup dengan Bawang Putih

img

Banyak yang bilang bahwa air kaldu hangat bisa meredakan penyakit seperti pilek dan flu. Kaldu yang terasa menenangkan, dan uapnya bisa membantu melonggarkan ‘kemacetan’ makanan yang berada di tenggorokan. Selain itu, air kaldu (mengandung nutrisi dan antioksidan) yang kaya dengan rempah-rempah, seperti bawang putih bisa melawan peradangan. Bawang putih mengandung senyawa antibakteri, antivirus, dan antijamur, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 

Kunyit

img

Menjadi salah satu rempah yang sering digunakan untuk memasak ini dianggap ampuh menjadi obat sakit tenggorokan. Penelitian telah menunjukkan bahwa komponen aktif akar, curcumin, membantu menurunkan kadar enzim dalam tubuh yang memicu peradangan.Kunyit yang mengandung minyak atsiri, curcumin, turmeron dan zingiberen yang dapat bermanfaat sebagai antibakteri, antioksidan, dan antiinflamasi. Jangan lupa tambahkan kunyit ke bahan makananmu!

Baca: 7 Minyak Esensial yang Bisa Meredakan Flu

Kentang dengan Kayu Manis

img

Yep, Ubi jalar (atau kentang) menyediakan dua nutrisi penunjang kekebalan utama tubuh: vitamin A dan C. Mereka juga mengandung antioksidan dan senyawa anti-inflamasi. Jika kamu ingin menyembuhkan sakit tenggorokanmu, cobalah untuk mencampurkan kentang yang sudah ditumbuk dengan kayu manis. Selain bisa menambahkan rasa dalam makanan, kayu manis juga merupakan sumber antioksidan yang kuat dan mendukung kekebalan tubuh dengan membantu menangkis virus, bakteri, dan jamur.

Teh Chamomile dengan Lemon

img