Satu Lagi Usaha Menghilangkan Jerawat: Konsumsi Makanan Ini

Satu Lagi Usaha Menghilangkan Jerawat: Konsumsi Makanan Ini
ISTOCK

DADA

Jika ada satu hal lagi di permasalahan di dunia ini yang sepertinya sulit dicari solusi pastinya adalah jerawat. Memang jika dibandingkan dengan permasalahan lain seperti perang, penyebaran ebola dan penyakit mematikan lainnya, kelaparan, kekeringan, dsb, satu/dua jerawat muncul di pipinya rasanya "alah sepele". Eitss... jangan salah, bagi sebagian orang jerawat bisa berarti akhir dunia. Begitu banyak jalan keluar untuk mengobati jerawat (operasi, pengobatan rutin, dipencet-pencet, dll), tapi ada baiknya untuk juga melihat solusi simpel seperti ini: 

VITAMIN A

Vitamin A adalah antioksidan yang termasuk dalam golongan senyawa yang disebut retinoid dan bentuk alkohol aktifnya adalah retinol. Vitamin A biasa dikenal dengan Retin-A, yang telah diresepkan oleh ahli kulit sebagai obat jerawat. Di dalam tubuh, vitamin A bertanggung jawab atas produksi sel darah merah, mendukung sistem kekebalan tubuh, memberikan kesehatan kulit, baik untuk penglihatan dan pertumbuhan dan perkembangan tubuh secara keseluruhan. Makanan yang mengandung vitamin A meliputi wortel, kale, bayam, hati sapi, brokoli, telur, tuna, pepaya, mangga, aprikot, dsb. 

OMEGA-3 

Omega-3 bisa membantu kamu mengatasi jerawat. Asam lemak omega-3 bekerja untuk membersihkan jerawat dengan menghambat dua bahan kimia yang menyebabkan radang dan akhirnya jerawat. Kamu bisa mendapatkan asam lemak omega-3 pada ikan dan makanan laut lainnya, terutama di minyak ikan.

Beberapa tahun belakangan, banyak orang—terutama yang mengikuti pola makan vegetarian atau vegan—percaya bahwa mereka tidak perlu mengkonsumsi omega-3 dari produk hewan, sepanjang mengkonsumsi jumlah besar omega-3 dari tumbuhan. Namun, ternyata dua jenis omega-3 tidak bisa saling menggantikan

ZINC

Zinc ternyata banyak berkontribusi banyak untuk tubuh kita; faktor penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan, fungsi otak, reproduksi, dan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu, zinc juga berfungsi untuk membersihkan jerawat. Makanan yang banyak mengandung zinc yaitu biji-bijian, kacang-kacangan, oatmeal, jamur, ayam, daging tanpa lemak, salmon, bubuk coklat, serta tiram.