Seberapa Sering Kamu Harus Mandi Setiap Hari? Ini Jawaban Seorang Ahli

Seberapa Sering Kamu Harus Mandi Setiap Hari? Ini Jawaban Seorang Ahli
ISTOCK

Mandi menjadi hal sepele bagi sebagian orang. Mungkin, salah satunya kamu. Jika kamu peduli dengan tubuhmu, baca artikel ini.  

“Ah, males mandi” atau “mandinya nanti aja." Sering mendengarkan dua kalimat itu? 

Yep, itulah dua kalimat 'wajib’ saat akhir pekan datang. Padahal, mandi menjadi satu kegiatan yang harus dilakukan. Selain menyegarkan tubuh, mandi juga menyehatkan. Karena bisa membersihkan kulit dari semua kotoran yang menempel setelah seharian beraktifitas. Meski tidak ada peraturan resmi yang mengatur tentang berapa kali kamu harus mandi, seorang ahli kulit, Nada Elbuluk,MD, asisten profesor klinik bidang dermatologi di Keck School of Medicine di University of Southern California, menyarankan bahwa setidaknya seseorang perlu mandi satu kali dalam sehari. Jadi, seberapa sering kamu harus mandi?

“Karena kita tinggal di negara tropis yang kelembapannya cukup tinggi, maka minimal sehari 2 kali kita harus membersihkan tubuh,” kata dr. Ruri D. Pamela, sp.KK., seorang dermatolog dari Departemen Kulit RS dr. Suyoto, Jakarta.

Oke, dicatat. Dua kali sehari kita harus mandi. Tapi mengapa mandi menjadi kewajiban semua orang?

“Setiap hari kita terpapar oleh berbagai kotoran dari lingkungan sekitar, kita berkeringat dan kelenjar minyak di kulit juga memproduksi minyak yang membuat debu dan kotoran semakin mudah menempel di kulit. Bila tidak dibersihkan secara baik dan rutin maka hal ini bisa menyebabkan kulit rentan terkena infeksi serta masalah kulit lainnya. Jangan biarkan lebih dari 2 hari kita tidak mandi, karena kemungkinan infeksi jamur dan bakteri sangat mudah terjadi, ” paparnya.

Ternyata mandi memang penting, kamu juga tidak mau 'kan memiliki kulit yang rentan terkena infeksi atau penyakit kulit lainnya. Jadi, jangan lupa untuk mandi setiap harinya ya, termasuk di akhir pekan. 

Selanjutnya: salah satu masalah kulit adalah jerawat. Oleh sebab itu, jangan pernah melakukan hal ini

Shop From Our Partner Cathaofficial.com