Seberapa Sering Rambutmu Harus Dikeramas?

Seberapa Sering Rambutmu Harus Dikeramas?
ISTOCK

Rambut keriting, tebal, berminyak, keriting, lurus, tipis, dan berwarna.

Pertanyaan tentang seberapa sering kita harus mengeramas rambut adalah salah satu yang selalu diajukan semua orang dan seringkali para ahli tidak memiliki satu suara atas sebuah jawaban yang pasti. Berikut saran yang bisa kamu praktekkan dalam mencuci rambut sesuai dengan jenisnya: keriting, tipis, berwarna, tebal, berminyak, dan lurus. 

  • Pemilik Rambut Tipis  

Rambut tipis cenderung cepat berminyak dan kehilangan bentuknya, jadi mencucinya tiap hari adalah suatu keharusan. Saat memilih shampoo dan conditioner, disarankan untuk memilih produk yang berlabel “volume” atau “menebalkan” karena formula ini lebih ringan dan tidak akan membuat rambutmu terlihat lepek.

  • Pemilik Rambut Tebal

Untuk rambut tebal atau kasar, mencucinya dua hari sekali lebih dari cukup, dan sebaiknya disisir lebih sering sehingga minyak alami rambut sampai ke ujung rambut. Dari segi shampoo dan conditioner, pilihlah produk yang mengandung argan oil atau shea butter untuk melembabkan rambut.

  • Pemilik Rambut Berminyak

Kulit kepala yang berminyak perlu dicuci setiap hari. Memang cenderung mustahil bagi beberapa orang, tapi ini diperlukan untuk membantu menstabilkan kelebihan produksi sebum yang merupakan penyebab dari kondisi tersebut. Ketika memakai conditioner, pastikan untuk mengoleskan cairannya hanya pada ujung rambut untuk mencegah muncul masalah ekstra. Pakailah shampoo dan conditioner yang mengandung bahan pembersih lembut seperti peppermint, eucalyptus, dan tea tree oil.

  • Pemilik Rambut Berwarna

Untuk mencegah warna rambut pudar, sangat penting untuk memakai shampoo dan conditioner yang berbahan sulfate-free dan paraben free. Rambut yang diwarnai membutuhkan keratin dan protein—keduanya terdapat di helai rambut tapi terkikis saat proses pemutihan atau perwarnaan. Gunakanlah produk yang mengandung eleman-elemen tersebut karena akan membantu merestrukturisasi rambutmu.

  • Pemilik Rambut Lurus

Menggunakan shampoo dan conditioner yang lebih ringan pada rambut lurus adalah pilihan terbaik. Alasannya, rambut yang minim tekstur cenderung terlihat berantakan atau berminyak lebih cepat dibandingkan rambut keriting. Umumnya, mencucinya setiap selang satu hari akan mempertahankan kesehatan dan kilau rambut. Coba pakai produk yang diperkaya kelp (sebuah varian rumput laut), sea salt dan coconut oil untuk membuat rambut lebih berdimensi dan berkilau.

  • Pemilik Rambut Keriting/ Bertekstur

Untuk rambut keriting atau bertekstur, prinsip keramas adalah lebih jarang lebih baik. Setiap tiga atau empat hari biasanya cukup untuk membuat keriwilmu tidak terlalu liar dan tetap lembut. Cara menggunakan conditioner yang paling tepat adalah di antara pemakaian shampoo untuk mempertahankan bentuk keriwil dan kehidrasiannya. Pastikan untuk menyisir conditioner saat sedang mandi dan tidak lagi melakukannya untuk menjaga  bentuk keriting alami dan mencegah rambutmu mengeriting tak terkendali. Pakailah shampoo dan conditioner yang penuh dengan argan atau coconut oil untuk membuat rambutmu keriting tetap sehat. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com