Selain Segar, Ini Manfaat Air Kelapa yang Baik Bagi Tubuh

Selain Segar, Ini Manfaat Air Kelapa yang Baik Bagi Tubuh
Manfaat Air Kelapa

Ternyata air kelapa memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh lho. Nah, inilah beberapa manfaat air kelapa yang perlu kamu ketahui.

Enak banget kan, ketika siang-siang, matahari lagi terik-teriknya, ada es kelapa di tangan, dan bibir kita mulai menyeruputnya. Ternyata, selain menyegarkan, air kelapa menyimpan banyak manfaat bagi bagi kehidupan, mulai dari jadi bahan makanan, sampai kesehatan untuk tubuh.

Air kelapa pun bisa menyembuhkan berbagai penyakit, menguatkan sistem imun, sampai bisa digunakan untuk diet lho. Inilah beberapa khasiat atau manfaat air kelapa yang baik bagi kesehatan dan wajib kamu ketahui.

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

1. Membuat Tubuh Terhidrasi

Tubuh manusia yang mengandung 60%-70% air, tentunya harus terus terhidrasi. Disinilah peran penting air kelapa bekerja. Elektroit pada air kelapa membuat cairan tubuh tetap terjaga. Kamu bisa mengganti konsumsi air putih dengan air kelapa, tentunya tanpa gula dan tanpa susu kental manis ya!

2. Mendetoks Tubuh

Di dalam air kelapa terkandung elektrolik yang mirip dengan zat darah manusia. Makanya, air kelapa dapat berperan sebagai pengganti cairan tubuh, bahkan dapat membuang racun-racun yang terdapat di dalam tubuh manusia. 

Manfaat Air Kelapa Bagi Tubuh
Manfaat Air Kelapa Bagi Tubuh

3. Menyembuhkan Alergi pada Kulit

Orang-orang dulu selalu percaya bahwa air kelapa muda memiliki khasiat untuk menyembuhkan alergi kulit, and it works! Karena sifat air kelapa yang dapat mendetoks segala jenis bakteri, virus, dan jamur penyebab alergi kulit, makanya air kelapa muda sangat cocok dikonsumsi untuk para penderita alergi kulit. Tentunya dengan dibarengi dengan obat dokter ya.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit paling banyak diidap oleh masyarakat Indonesia. Apa lagi kalo bukan karena pola makan yang nggak sehat. Selain itu, kekurangan elektrolit dalam tubuh pun dapat berdampak pada meningkatnya tekanan darh. Untuk memiliki kandungan elektrolit yang cukup, kamu bisa meminum air kelapa. Karena, dalam 240m ml air kelapa, terkandung zat potasium senilai 600 mg yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca Juga: 6 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Jika Ingin Awet Muda

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan organ yang sangat penting bagi tubuh, sehingga kita perlu menjaga kesehatan ginjal kita. Salah satunya adalah dengan mengkonsumi air kelapa hijau secara rutin. Ini karena air kelapa memiliki kandungan potasium yang membuat ginjal bekerja secara efektif.

6. Obat Penyakit Demam

Air kelapa hijau dapat digunakan sebagai obat penderita penyakit demam. Ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam air kelapa dapat membantu menurunkan panas demam. Caranya adalah dengan mencampurkan segelas air kelapa dengan satu sendok makan madu, lalu diminum kepada penderita demam.

Manfaat Air Kelapa Bagi Tubuh
Manfaat Air Kelapa Bagi Tubuh

7. Menambah Energi

Jika kamu merasa lemas dan lelah, mungkin pilihan utama adalah dengan meminum minuman energi kemasan. Namun, air energi kemasan memiliki kandungan gula tinggi yang tentunya nggak baik bagi tubuh. Kamu bisa menggantinya dengan meminum air kelapa yang dapat meningkatkan kinerja hormon kelenjar tiroid yang membutmu lebih berenergi.

8. Menjaga Kesehatan Kulit