Sering Lembur Berisiko Kena Penyakit Mematikan?

Sering Lembur Berisiko Kena Penyakit Mematikan?
ISTOCK

Kesehatan bisa terganggu karena jam kerja yang terlalu panjang? Makanya jangan sering lembur ya.

Berapa lama jam kerjamu? Woop berdoa semoga tidak lebih dari sembilan jam. Yep, tidak mengherankan memang melihat perempuan sekarang bekerja dari pagi sampai sore bahkan tak jarang mereka lembur. Jam kerja yang panjang ini sebenarnya membuat mereka lelah. Ditambah lagi, jika kamu seorang ibu rumah tangga yang harus melakukan pekerjaan rumah. Tentunya, hal ini jika terus dilakukan bisa membuatmu stres. Duh! 

daihatsu banner

Bekerja dengan jam kerja yang terlalu panjang bisa menyebabkan kesehatan terganggu sehingga membuat kita gampang sakit. Perlu diketahui bahwa perempuan lebih rentan terganggu kesehatannya daripada kaum pria. 

Seorang professor dari The Ohio State University, Allard Dembe mengatakan bahwa orang-orang yang punya kebiasaan melakukan pekerjaan dengan jam kerja yang panjang selama bertahun-tahun--bahkan berpuluh-puluh tahun--memiliki risiko besar mengalami penyakit kronis.

ISTOCK
ISTOCK

Baca: Jangan lembur! 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Pulang On Time.

Pria yang bekerja lebih dari 60 jam per minggu dengan mereka yang hanya bekerja selama 30 sampai 40 jam per minggu berisiko dua kali lipat mengalami penyakit tulang seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Sedangkan, untuk pekerja perempuan, mereka yang bekerja terlalu lama--tiga kali lipat-- lebih berisiko mengalami penyakit jantung, kanker dan diabetes. Selain itu juga, mereka tiga kali lipat berisiko asma, dan empat kali lipat menderita arthritis. 

Jadi jangan lupa untuk selalu menjalankan gaya hidup sehat, walaupun kamu memiliki kesibukan yang super padat ya!  

Selanjutnya: Menyimpan rahasia ternyata bisa membahayakan kesehatanmu. Mengapa demikian? Baca selengkapnya di sini. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com