Sering Mengantuk Saat Berpuasa? Ini Penyebabnya

Sering Mengantuk Saat Berpuasa? Ini Penyebabnya
ISTOCK

Rasa kantuk menjadi dua kali lipat saat berpuasa? Apa ya penyebabnya?

Kamu tipe orang yang mudah mengantuk? Jika iya, sebaiknya kamu perisapkan diri karena saat berpuasa kamu pasti akan merasakan rasa ngantuk dua kali lipat. Biasanya kamu akan mengakali hal ini dengan minum kopi atau memakan camilan. Eits, tapi tidak berlaku saat berpuasa.

Saat bulan puasa siklus tidurmu pasti akan berubah karena harus bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur. Jika kamu tidak tidur lebih cepat, maka jam tidur berkurang sekitar 40 menit. Menurut penelitian dalam Journal of Sleep Research, hal ini bisa mengurangi durasi tahap tidur pulas atau REM (rapid eye movement). Maka, keesokan harinya kamu pun jadi mengantuk. Selain itu, saat puasa tubuh tidak mendapat asupan makanan atau minuman selama berjam-jam, hal inilah yang membuatmu jadi lebih lemas dan mengantuk.

Woop punya beberapa tips untukmu agar tetap segar selama berpuasa. Apa saja?

1. Jangan tidur terlalu larut

img

Buat jadwal tidur tetap selama bulan puasa. Karena kurang tidur akan menyebabkan tubuh memiliki ‘utang waktu tidur’ sehingga kamu mengantuk disiang hari.

2. Berjalan kaki

img

Jika kamu beranggapan bahwa berjalan kaki saat puasa bisa membuatmu lelah dan haus, ternyata salah besar. Sebuah survei terhadap ratusan orang di Amerika Serikat mengukapkan bahwa jalan kaki selama 10 menit bisa meningkatkan energimu hingga dua jam ke depan. Pasalnya, jalan-jalan mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Sedangkan rasa ngantuk di siang hari biasanya muncul karena otak kekurangan pasokan oksigen.

3. Tidur siang

HALAMAN
12