Sering Merasa Lelah dan Ngantuk? Jauhi 4 Makanan Ini

Sering Merasa Lelah dan Ngantuk? Jauhi 4 Makanan Ini
ISTOCK

Apakah kamu sering merasakan lelah belakangan ini? Coba perhatikan makanan yang kamu konsumsi, bisa jadi itu penyebabnya.

Woop mau tanya: Sering terlihat lelah, letih, bahkan mengantuk akhir-akhir ini? Yep, banyaknya aktivitas dan kesibukan terkadang membuatmu tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Selain itu, tidak hanya istirahat saja yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh, tapi juga makanan yang banyak mengandung nutrisi.

Coba ingat, apa saja makanan yang kamu konsumsi selama ini? Apakah sudah memberikan nutrisi yang cukup untuk tubuh? Oke, sekarang saatnya untuk mengganti makananmu menjadi lebih sehat! Khususnya untuk kamu yang memiliki aktivitas super sibuk, karena biasanya kamu cenderung memilih makanan instan dan cepat yang sebenarnya tidak baik untuk tubuh. Jika hal tersebut dibiarkan secara terus-menerus, tubuhmu akan mengalami kelelahan dan tidak sehat lho. Maka dari itu, cobalah untuk menjauhi empat jenis makanan ini:

  • Kopi
Sehatkah Jika Minum Kopi Setiap Hari? - 0
SHUTTERSTOCK

Terdengar sedikit kontradiktif yang mengatakan bahwa kopi bisa membuat tubuh terlihat lelah. Padahal kopi sudah dikenal luas sebagai salah satu energi dan penghilang rasa ngantuk. Lalu, apa masalahnya? Ternyata oh ternyata, kafein yang terkandung dalam kopi memiliki kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihannya adalah ketika kita meminum kopi sejam sebelum berolahraga membantu tubuh membakar banyak kalori. Namun kafein yang berlebihan membuat tubuh kamu terus menerus bekerja dan membuat kamu tidak mengantuk sama sekali. Hal ini yang menyebabkan kamu terlihat lelah, stres, bahkan dehidrasi.

Baca: Mengenal Istilah Comfort Food, Makanan Penghilang Stres

  • Karbohidrat
Dok. @framemily on Unsplash
Dok. @framemily on Unsplash

Apakah kamu pernah mendengar kalimat ini: kebanyakan karbohidrat bisa membuat tubuh menjadi gemuk? Yep, mungkin kalimat ini yang membuat banyak orang meninggalkan karbohidrat, karena menganggapnya terlalu jahat untuk tubuh. Sebenarnya kalimat itu tidak benar! Karbohidrat masih menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh—tentunya tidak berlebihan. Namun ada jenis karbohidrat yang harus dijauhkan dari kita, karena bisa membuatmu terlihat lelah dan hanya mengandung kalori yang kosong. Misalnya tepung dan gula halus. Karbohidrat ‘kosong’ ini bisa membuat kamu terlihat lelah karena sulit mencerna tubuh dan membutuhkan banyak energi untuk mengolahnya.

  • Gorengan
SHUTTERSTOCK
SHUTTERSTOCK

Woop yakin tidak akan ada yang menolak dengan makanan yang satu ini. Yep, gorengan memang sangat menggoda--apalagi saat masih panas. Tidak peduli apa pun namanya, semua makanan yang digoreng banyak mengandung lemak trans dan tentunya minyak. Ketika kamu mengonsumsinya akan membuat tubuh menjadi lebih lambat. Selain itu, gorengan menjadi salah satu penyebab utama penyumbatan arteri dan obesitas, menimbulkan jerawat dan komedo, memecah kolagen yang terdapat pada kulit, dan mengeringkan kulit.

  • Makanan Pedas
6 Makanan yang Harus Dijauhi Saat Buka Puasa - 0
SHUTTERSTOCK

“Kalau belum makan sambal/cabai, itu belum makan namanya,” kalimat itu sering kita dengar dari mulut si pencinta pedas. Mungkin kamu salah satunya. Ada yang harus kamu ketahui, makanan yang terlalu pedas bisa membuat kamu terlihat lelah lho. Sebab rasa pedas yang kamu rasakan akan mempengaruhi sistem darah dan bisa menyebabkan kulit kamu berjerawat, bahkan kulit mengalami perubahan warna. Makanan pedas yang berlebihan juga bisa melebarkan pembuluh darah dan membuatnya lebih besar.

Selanjutnya: Kamu pecinta drama Korea? Woop punya rekomendasi drama Korea yang bisa bikin kmau baper saat menontonnya. 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com