Sering Pikun? Coba Lakukan Hal Ini untuk Meningkatkan Memorimu

Sering Pikun? Coba Lakukan Hal Ini untuk Meningkatkan Memorimu
ISTOCK

Bagi kamu yang sering lupa, mungkin beberapa hal ini bisa membantu kamu meningkatkan memori otakmu! Bye-bye pikun. 

Apakah kamu sering khawatir tentang menurunnya kekuatan otak dan memori yang makin lama semakin memudar? Seiring bertambahnya usia, keterampilan kognitif akan mulai menurun. Ini membuatmu sering lupa dengan sesuatu. Selain itu, usia juga akan membawa beberapa perubahan dalam berpikir dan pelemahan memori yang tak terelakkan. Namun di balik itu semua, kabar baiknya adalah bahwa sedikit perubahan gaya hidup dapat menumpulkan efek-efek pelemahan memori. Jika tak mau mengalami ‘kepikunan dini’, cobalah untuk melakukan beberapa hal berikut ini. Learn what you can do to preserve yours!

Tidur pada siang hari

img

Ternyata oh ternyata, tidur siang baik untuk meningkatkan memori lho. Saat kamu sedang tidur, otak akan mengakumulasi dan mengkonsolidasikan memori yang kamu proses selama satu hari (itu sebabnya tidur delapan jam di malam hari sangat berharga). Menurut penelitian di Jerman, enam menit tidur siang sama berharganya seperti tidur malam penuh untuk short term memory. Sementara itu, tidur siang selama 90 menit telah terbukti mempercepat proses yang membantu otak mengkonsolidasikan ingatan jangka panjang. Jadi rencanakanlah tidur siangmu! 

Minum kopi atau teh

img

Panggilan untuk para penggemar kopi dan teh! Teh hijau dan hitam memiliki efek protektif pada memori, dengan mempengaruhi enzim dalam otak, serta kandungan kafeinnya bisa memicu konsentrasi. Orang-orang yang minum kopi pada usia paruh baya (sebanyak tiga sampai lima cangkir sehari) akan memiliki peluang lebih rendah untuk mengembangkan demensia di usia tua. 

Makan sayuran hijau

img

Tidak pernah diragukan, sayuran hijau memang sangat baik untuk tubuh. Penting diketahui untuk orang-orang yang kekurangan folat dan vitamin B12 (yang banyak dikandung sayuran hijau) akan memiliki peningkatan resiko demensia di usia tua. Maka dari itu, kamu sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau yang banyak mengandung sumber folat dan B12 seperti selada romaine, bayam, asparagus, lobak, sawi, peterseli, brokoli, kembang kol, dan buah bit. Selain pada sayuran, folat dan vitamin B12 juga terkandung dalam black beans dan hati sapi.