Sibukkan Diri, Ini 5 Cara Atasi Mual Saat Hamil Muda

Sibukkan Diri, Ini 5 Cara Atasi Mual Saat Hamil Muda
Cara mengatasi mual hamil muda

Merasa mual saat tengah hamil muda kerap mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut sejumlah cara untuk mengatasi mual saat hamil.

Saat seorang wanita tengah mengandung sebuah janin, biasanya wanita akan merasakan hal-hal yang tidak biasa mereka rasakan, mulai dari sakit pinggang, hingga rasa mual di pagi maupun malam hari. Hal-hal tersebut merupakan sebuah gejala yang amat wajar untuk dialami oleh para wanita hamil.

Gejala-gejala tersebut memang merupakan hal yang wajar, namun nyatanya hal-hal tersebut kerap mengganggu aktivitas para wanita yang sedang hamil dalam kesehariannya, terlebih dengan gejala mual saat hamil muda.

Merasakan mual saat sedang hamil muda kerap kali diatasi dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun, mengonsumsi obat-obatan merupakan hal yang cukup rawan untuk kesehatan janin, terlebih bila obat pereda mual tersebut bersifat obat keras.

Terkait hal tersebut, berikut adalah 5 cara untuk mengatasi rasa mual saat sedang hamil muda.

Cara Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil Muda

1. Cium Aroma yang Sedap

Cium aroma sedap
Cium aroma sedap

Rasa mual di pagi hari biasanya akan membuahkan indra penciuman kamu cenderung lebih sensitif terhadap bau. Aroma kuat yang tak sedap dapat memperparah rasa mual.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencium aroma lemon guna mencegah rasa mual pada saat hamil muda. Kamu bisa kenali bau apa yang akan memancing rasa mual mu kambuh, kemudian kamu bisa langsung menyingkirkan benda yang memiliki bau tak sedap untuk menghilangkan rasa mual.

2. Sibukkan Diri

Lakukan olahraga
Lakukan olahraga

Rasa mual memang bukanlah hal yang mudah untuk dihindari, namun menemukan suatu hal yang seru yang bisa kamu nikmati nyatanya dapat meredakan rasa mual yang kamu rasakan saat hamil muda.

Hal ini disebabkan oleh kinerja otak yang dapat melupakan rasa mual ketika kamu fokus dengan hal lain.

Banyak wanita hamil yang berpendapat bahwa melakukan olahraga mampu meredakan rasa mual saat tengah hamil. Selain meredakan rasa mual, olahraga juga baik untuk kesehatan tubuh dan si janin.

Baca juga: Pertanyaan Serius: Apa sih, Manfaat Olahraga Saat Hamil?

3. Konsumsi Jahe

Minum teh jahe
Minum teh jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh, salah satunya adalah untuk mengatasi rasa mual yang kerap dirasakan saat tengah hamil muda.

Kamu bisa membuat minuman dengan menggunakan jahe sebagai bahan dasarnya. Air rebusan jahe dengan beberapa lembar daun mint dan beberapa sendok madu akan bantu meredakan rasa mual kamu.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup
Istirahat yang cukup

Nggak cuman wanita hamil yang akan merasa mual saat kekurangan jam tidur, orang yang tidak mengandung pun akan merasakan hal yang sama bila kurang tidur.

Tidur yang cukup merupakan hal yang sangat dianjurkan untuk wanita hamil, terlebih saat tengah hamil muda.

Kamu bisa tidur siang beberapa jam setelah waktu makan siang. Kamu juga bisa gunakan bantal khusus wanita hamil untuk membantu kamu tidur dengan nyaman dan lelap.

Baca juga: 5 Cara Atasi Nyeri Punggung yang Sering Dirasakan Ibu Hamil

5. Konsumsi Vitamin Khusus Ibu Hamil

Konsumsi vitamin
Konsumsi vitamin

Ada banyak vitamin yang diproduksi dan dikhususkan untuk wanita hamil. Vitamin yang mengandung vitamin B6 kabarnya dapat membantu kamu dalam mengatasi rasa mual di tengah hamil muda.

Dalam mengonsumsi vitamin, kamu sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan agar tak terjadi kesalahan dalam dosis maupun kandungan dalam vitamin tersebut.

Untuk mengonsumsi vitaminnya, dianjurkan untuk kamu mengonsumsinya beberapa jam sebelum waktu tidur dengan ditemani oleh cemilan yang sehat.

Nah, itu lah kelima cara yang cukup efektif dalam mengatasi rasa mual pada saat hamil muda. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya: