Suka Minum Teh Panas? Hati-hati Kena Kanker

Suka Minum Teh Panas? Hati-hati Kena Kanker
iStock
Suka Minum Teh Panas? Hati-hati Kena Kanker

Duh, kabar buruk nih buat para pecinta teh panas. Kamu salah satunya?

Minum teh panas di pagi hari menjadi rutinitas yang banyak dilakukan keluarga Indonesia. Sambil menyeruput teh ditemani beberapa cookies membuat pagimu lebih tenang. Tubuh yang hangat karena minum teh panas disukai para penikmatnya. 

Eits, kamu perlu tahu ladies. Sering minum teh panas ternyata bisa menyebabkan kanker lho. Ini tidak hanya asal tebak tapi berdasarkan studi teh panas bisa berisiko terkena kanker kerongkongan lebih dari 50% dibanding mereka yang tak suka minum teh panas. 

img

Orang yang teratur minum teh panas sekitar 75 derajat celcius sangat berisiko terkena kanker kerongkongan. Namun menunggu setidaknya empat menit setelah disajikan secangkir teh panas bisa mengurangi risiko kanker tersebut. Ini karena teh yang terlalu panas dipercaya bisa ‘merusak’ kerongkonganmu.

“Banyak orang menikmati minum teh, kopi, dan minuman panas lainnya. Namun menurut laporan kamu, minum teh yang sangat panas dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan. Karena itu disarankan untuk menunggu sampai minuman panas lebih dingin sebelum diminum,” ujar penulis ‘American Cancer Society’, Farhad Islami.

Studi yang dipublikasikan dalam International Journal of Cancer itu melibatkan 50.045 peserta berusia 40 hingga 75 tahun. Minum minimal 700 ml per hari atau lebih pada suhu tinggi (60 derajat celcius atau lebih tinggi) dikaitkan dengan risiko kanker kerongkongan. Angkanya mencapai 90% lebih tinggi kata para peneliti.

Hasil penelitian juga diperluas dengan mencoba menggunakan kopi, cokelat panas, atau minuman lainnya. Ternyata hampir sama seperti meminum teh panas. 

Kanker kerongkongan adalah kanker keenam yang paling sering terjadi di India dan menduduki peringkat kedelapan secara global. Memang kebanyakan pria yang sering menderita penyakit mematikan ini dibanding perempuan.

Meski demikian, kamu perlu berhati-hati ya. Pada 2016, World Health Organisation (WHO) memperingatkan risiko kanker terkait dengan mengonsumsi minuman di atas 65 derajat celcius. Air panas bisa mengiritasi lapisan mulut dan tenggorokan yang memicu tumor. 

Selanjutnya: kamu perlu tahu, ini pekerjaan dengan gaji besar di masa depan. Apa ya?