7 Tabiat Harian yang Bisa Membahayakan Kesehatanmu

7 Tabiat Harian yang Bisa Membahayakan Kesehatanmu
ISTOCK

Hal buruk ini kita lakukan setiap hari.  Ternyata bisa membahayakan kesehatanmu. Ayo rubah kebiasaan.

Jika ada satu hari dinobatkan sebagai "Hari Meminta Maaf Kepada Tubuh", mungkin inilah hari yang tepat. Pasalnya, ada banyak kesalahan yang sering kita lakukan yang membuatnya tidak sehat—dan seandainya bisa bersuara, dia akan berteriak, "tidak mau, waktunya istirahat!" Seperti yang dituliskan di Huffington Post ada beberapa kebiasaan yang mengancam kesehatanmu. Dan kalau mau jujur, paling tidak kita melakukan satu kebiasaan jelek ini, satu kali sehari. 

Beberapa Kebiasaan yang Mengancam Kesehatanmu

1. Bangun Tidur Langsung Ngopi

Manfaat Minum Kopi - Mencegah kanker
Ilustrasi Kopi
daihatsu banner

Bukan berarti tidak boleh minum kopi, ya. Namun, yang ditekankan di sini adalah soal waktu. Eliza Savage, seorang nutrisionis, menjelaskan kepada HuffPost bahwa saat tidur, kita puasa makan dan minum. dan selama periode tersebut kita bisa mengalami dehidrasi. Dan dengan minum kopi begitu bangun akan memperparah kondisi terburuk. Savage merekomendasikan untuk meminum beberapa gelas air putih sebelum segelas kopi di pagi hari. 

2. Duduk Seharian

ISTOCK
ISTOCK

Makan, balas email, balas WhatsApp, berteriak memanggil rekan kerja... sambil duduk. Padahal duduk terlalu lama memiliki dampak yang buruk untuk kesehatan fisik dan mental, termasuk resiko kankter, diabetes, penggumpalan darah, mengurangi kemampuan fokus dan produktivitas. Jadi, angkat bokongmu sekarang, dan berjalanlah meski hanya sebentar. 

3. Kurang Tidur 

Sepertinya poin satu ini tidak perlu dijelaskan panjang lebar. Pokoknya, usahakan tidur yang cukup! 

Baca: Ini Kenapa Jarang Ganti Underwear Bisa Berbahaya

4. Terlalu Mengandalkan Google 

Bagi sebagian orang, Google itu ibarat melebihi dewa langit—kekuatannya tidak terbatas. Akan tetapi, jika berhubungan dengan kesehatan sebaiknya jangan terlalu bertumpu kepada penjelasan dan titah Google. Untuk mengetahui dengan tepat dan cepat apa yang sedang melanda tubuhmu, lebih baik datangi dokter. 

5. Terobsesi dengan Teknologi

Teknologi memang banyak membantu hidup kita. Namun, menatapi dan merapi layar ponsel atau tabletmu tidak baik untuk kesehatan mata. Membalas pesan non-stop dengan posisi leher terlalu condong ke depan juga akan membuat tulang stres dan sakit punggung. Terobsesi media sosial memberikan dampak negatif pada kesehatan mental. Coba langkah sederhana ini agar memiliki hubungan yang sehat dengan ponsel: isi ulang baterai ponselmu di ruang lain atau usahakan tidak mengintipnya saat sedang berbicara dengan teman yang sedang curhat. 

6. Bekerja Luar Biasa, Sangat, Parah, Terlalu Berdedikasi di Kantor 

ISTOCK
ISTOCK

Mungkin memang pekerjaanmu buaaanyak, tapi, "ketika kamu bekerja intens dalam waktu yang terlalu lama, level kortisol dan adrenalin bisa tetap tinggi, yang dapat mengakibatkan hipertensi, kenaikan berat badan, sindrom iritasi usus, serangan jantung, letih, cemas berlebih, depresi, gangguan saraf, menurunkan libido dan kesuburan," kata Nick Hatter, seorang konselor. 

7. Makan Sambil... 

... Kirim email, menulis laporan, membaca teks—intinya, saat makan kamu tidak perlu harus mempraktekkan kemampuan serba bisamu. "Kamu perlu rileks untuk bisa benar-benar mencerna makanan. Jika makan terlalu cepat dan berada dalam kondisi stres, pencernaanmu bisa bermasalah," kata Jennie Mermadi, seorang nutrisionis klinis. 

Baca: Ini Kenapa MSG Benar-Benar Monster yang Berbahaya

Shop From Our Partner Cathaofficial.com