Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Yang Mudah Dibudidayakan

Tanaman Obat Beserta Manfaatnya Yang Mudah Dibudidayakan
tanaman obat

Jenis-jenis tanaman obat beserta manfaatnya yang dapat dibudidayakan di rumah dengan mudah!

WOOP.ID - Tanaman obat atau tanaman herbal masih menjadi salah satu media pengobatan yang banyak dicari oleh masyarakat Indonesia. Sebelum menggunakan obat dokter atau obat kimia, ada sebagian orang yang lebih dulu melakukan pengobatan dengan tanaman obat. Orang Indonesia sejak zaman nenek moyang sudah terlebih dahulu menggunakan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Meski masih ada yang belum teruji secara klinis, tanaman obat yang diolah menjadi obat herbal terbukti ampuh mampu mengobati sejumlah masalah kesehatan. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mencoba menggunakan obat atau jamu dengan bahan dasar tanaman obat sebelum memutuskan untuk menggunakan obat dari dokter.

Obat herbal atau tradisional tersebut memiliki ribuan jenis spesies. Dari total sekitar 40 ribu jenis obat-obatan tradisional di dunia, 30 ribu diantaranya diyakini berada di Indonesia. Meski demikian, ternyata hanya ada sekitar 9 ribu spesies obat herbal yang diklaim bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut Jenis-jenis Tanaman Yang Dapat Menjadi Obat, Bisa Ditanam Sendiri Di Rumah, Dan Bermanfaat Untuk Kesehatan 

Pengertian Tanaman Obat

Tanaman obat adalah jenis tanaman yang sebagian atau seluruh isi tanaman tersebut bermanfaat sebagai obat, bahan, atau ramuan. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan obat herbal medicinal plants sebagai tanaman yang dimanfaatkan untuk tujuan pengobatan dan sebagai bahan asli pembuatan obat herbal. 

Manfaat Tanaman Obat

Gaya hidup back to nature serta manfaatnya yang semakin berkembang menjadikan masyarakat Indonesia lebih cenderung untuk mengonsumsi obat tradisional. Sebagian masyarakat mulai beralih pada salah satu jenis pengobatan alternatif ini untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh serta meminimalisir efek samping obat-obatan medis. 

Tak sedikit keluarga yang akhirnya membuat tanaman apotek hidup di rumah. Ini dimanfaatkan untuk pertolongan pertama masalah kesehatan. Tanaman obat tradisional memiliki berbagai efek pada sistem metabolisme tubuh manusia. Tak heran apabila banyak yang menggunakan bahan alami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan, seperti : 

  • Demam
  • Batuk 
  • Pilek
  • Flu 
  • Sakit kepala
  • Gangguan pencernaan 
  • masalah kulit 
  • insomnia 

Tanaman obat juga dapat diolah untuk berbagai macam kebutuhan, seperti industri makanan atau minuman, bahan dasar pembuatan kosmetik, juga untuk industry spa tradisional.

Berbagai Jenis Tanaman Obat

Berikut ini beberapa jenis tanaman obat yang masuk ke dalam kategori apotek hidup sehingga bisa anda manfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

1. Jahe (Zingiber Officinale)

Air Jahe
Air Jahe

Tanaman yang satu ini adalah salah satu jenis tanaman obat yang sudah tidak asing lagi. Jahe memiliki kandungan gingerol yang merupakan zat anti radang dan antioksidan tinggi. Jahe memiliki khasiat untuk membantu mengatasi sakit perut, mual , muntah, pusing akibat vertigo, sakit kepala, nyeri haid, hingga meredakan rematik dan osteoarthritis.

Meskipun tergolong aman, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi lebih dari 5 gram atau setara dengan 1 sendok teh setiap harinya. Karena mengkonsumsinya secara berlebihan beresiko meningkatkan berbagai efek samping, seperti perut kembung, sakit perut, heartburn, hingga iritasi pada mulut.

2. Kunyit (Curcuma Longa)

ISTOCK
ISTOCK

Selain menjadi salah satu jenis tanaman obat, kunyit juga dimanfaatkan untuk bumbu dapur, jamu, hingga produk kecantikan. Zat kurkumin yang terkandung dalam kunyit mampu membantu menjaga sistem pencernaan, menurunkan kolesterol, menurunkan kadar gula darah, hingga mengurangi resiko penyakit jantung. 

3. Lengkuas (Laos)

Lengkuas sebagai tanaman obat
Lengkuas sebagai tanaman obat

Lengkuas atau laos memiliki kandungan galangin, beta-sitosterol, dan flavonoid yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, jenis tanaman obat yang satu ini juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, dan juga serat. Beberapa manfaatnya untuk kesehatan tubuh adalah sebagai antioksidan, mengurangi nyeri dan peradangan, melawan infeksi, meningkatkan kesuburan pria, serta berpotensi sebagai antikanker.

4. Kencur (Kaempferia Galanga)

Kencur sebagai tanaman obat
Kencur sebagai tanaman obat

Kencur juga menjadi salah satu tanaman obat alami yang juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Selain digunakan sebagai penambah nafsu makan dan meningkatkan stamina, serta pelancar haid, kencur juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti flu, masuk angin, diare, batuk, sakit kepala dan radang lambung.

5. Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza)

Temulawak sebagai tanaman obat
Temulawak sebagai tanaman obat

Temulawak merupakan jenis obat yang dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti Irritable Bowel Syndrome (IBS), perut kembung setelah makan, dan gangguan lambung. Mengkonsumsi temulawak secara berlebihan dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping yang mengakibatkan iritasi pada lambung hingga muntah.

6. Daun Kemangi

Daun Kemangi
Daun Kemangi

Daun kemangi sering dijadikan sebagai lalapan atau makanan pelengkap yang berfungsi menambah aroma pada makanan, daun kemangi juga dapat digunakan sebagai tanaman yang dapat dijadikan obat herbal. Daun ini, memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan seperti meringankan perut kembung, meningkatkan nafsu makan, hingga mengobati luka goresan pada kulit.

7. Lidah Buaya (Aloe Vera)

ISTOCK
ISTOCK

Lidah buaya ering dijadikan sebagai tanaman hias di rumah, salah satu tanaman ini memiliki banyak manfaat bagi kecantikan maupun kesehatan. Beberapa manfaatnya antara lain, Kamu bisa mengoleskannya ke kulit, rambut, atau mengkonsumsinya secara langsung.

8. Daun Kumis Kucing (Orthosiphon aristatus)

Daun Kumis Kucing sebagai tanaman obat
Daun Kumis Kucing sebagai tanaman obat

Kumis kucing umumnya kerap digunakan sebagai salah satu jenis tanaman herbal. Manfaatnya sendiri tanaman tradisional ini banyak dijadikan sebagai obat alami. Beberapa jenis penyakit yang bisa disembuhkan dengan daun kumis kucing ini antara lain, radang kandung kemih, asam urat, diabetes, dan juga penyakit ginjal.

Tidak hanya itu, tanaman yang mudah untuk dirawat ini juga terkenal ampuh dalam menyembuhkan kencing batu serta memperlancar saluran kencing. 

9. Daun Sirih (Piper Betle)

Daun Sirih
Daun Sirih

Sudah sejak lama daun sirih dimanfaatkan sebagai obat herbal tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Tak jarang masyarakat Indonesia yang menanamnya di pekarangan rumah. Daun sirih mengandung yodium, kalium, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat. Antioksidan tanin dalam jenis tanaman obat ini juga mempercepat respon tubuh untuk pembekuan darah dan menyembuhkan luka. 

Menurut beberapa hasil studi, ada beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan seperti, mengatasi diabetes, meredakan asma, menurunkan kadar kolesterol, menjaga kesehatan mulut, hingga mengobati tukak lambung.

10. Jeruk Nipis 

lime
lime

Jeruk nipis mengandung Vitamin C dan Antioksidan yang baik bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi air perasaan jeruk nipis secara rutin, dapat membantu Kamu memperkuat sistem imun tubuh dan lebih kebal terhadap berbagai penyakit.

Jeruk nipis juga dapat membantu tubuh terhindar dari risiko serangan jantung, batu ginjal, membantu proses penyerapan zat besi, juga menjaga kesehatan kulit. Pada umumnya, jeruk nipis aman untuk dikonsumsi. Namun, asam yang terkandung di dalamnya bisa mengakibatkan rasa perih pada luka serta memicu sakit maag dan GERD.

Nah, itu dia natural remedies yang banyak manfaatnya dan bisa kamu dapatkan dengan mudah. Selain itu kamu juga bisa tanam sendiri di rumah untuk membudidayakannya. Selamat mencoba ya sobat Woop! 

Baca: Ini 5 Obat Maag Alami yang Paling Efektif!

Baca: Tak Perlu Obat Kurus! Ini 7 Ramuan Tradisional untuk Diet

Baca: Ini 3 Cara Mudah Redakan Nyeri Menstruasi Tanpa Obat!