Tanda-Tanda Bahwa Tubuh Kamu Sehat

Tanda-Tanda Bahwa Tubuh Kamu Sehat
ISTOCK

Dasarnya bukan berat badan—atau ukuran celana. Yuk kita simak apa aja tanda-tanda tubuh kamu itu sehat.

Terlalu sering—sekali lagi, terlalu sering—kita membiarkan angka berat badan dan ukuran celana mendikte apakah kita "sehat." Parahnya lagi, mentalitas seperti ini dikuatkan oleh budaya yang terobsesi dengan citra diri yang cenderung mengimplikasikan bahwa bentuk berbadan tertentu berarti kita sehat dan bahagia.

daihatsu banner

Kurang dari 50 berarti sehat, ukuran celana kurang dari 10 berarti bahagia. Namun, seperti yang dilaporkan oleh This Is Insider, kesehatan sama sekali tidak ada hubungannya dengan angka-angka semacam itu. 

Artikel tersebut mengutip World Health Organization, yang mendefinisikan kesehatan sebagai "kondisi keseluruhan baik fisik, mental dan kesejahteraan sosial dan tidak hanya berarti tidak menderita penyakit atau kelemahan."

Meskipun memang kita seharusnya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan kita, Insider berbicara dengan Cindy Geyer, MD, dan ahli nutrisi Rachael Hartley untuk mengetahui tanda-tanda seseorang sehat menurut sains. Dan ini jawaban mereka: 

Tanda-tanda Seseorang Sehat Menurut Sains

1. Kamu makan saat lapar dan berhenti ketika sudah kenyang

Terlalu sering, "kita lupa makan sehingga kelaparan dan kemudian makan berlebihan, atau kita makan tanpa berpikir di depan TV, atau kita makan atas dasar dorongan emosional karena membuat kita tenang," kata Geyer. Dan Hartley menyetujuinya.

"Memiliki hubungan yang sehat dengan makanan adalah berarti mempercayai sinyal-sinyal internal, bukan yang eksternal, untuk memutuskan apa dan berapa banyak dimakan." 

2. Kamu mengonsumsi makanan bervariasi dan sehat

Melahap makanan olahan tidak akan memberikan tubuhmu energi yang diperlukannya untuk menjadi optimal. "Banyak diet yang menyampingkan makanan-makanan tertentu," kata Hartley.

"Pola makan yang bervariasi memastikan bahwa kemungkinan besar kamu akan mendapatkan semua vitamin dan nutrisi yang kamu butuhkan. Bahkan lebih hebat, jika diet ini berasal dari makanan yang sehat, bukan makanan olahan." 

3. Kamu memiliki energi untuk melakukan hal-hal yang kamu ingin lakukan

Ketika ditanyakan tentang kesehatan yang prima, Geyer langsung membicarakan tentang energi. "Ini sangat tidak spesifik, tapi memiliki energi untuk melakukan apa yang ingin dilakukan biasanya sinyal baik atas kesehatan yang bagus," katanya. "Dan energi ini bisa berupa energi fisik dan emosional." 

4. Kamu bisa bangun tanpa jam alarm

Tidur yang cukup merupakan sebuah dasar yang penting untuk kesehatan fisik dan mental. Petunjuk utamanya, "jika kamu bisa bangun dengan tidur setiap pagi tanpa alarm dan merasa cukup istirahat dan segar, ini merupakan tanda bahwa mau mendapatkan tidur yang berkualitas," tukas Geyer kepada Insider

Baca juga: Kata Psikolog Ini: 'Bad Mood itu Normal'

Shop From Our Partner Cathaofficial.com