6 Pertolongan Pertama Mengatasi Tenggorokan Gatal

6 Pertolongan Pertama Mengatasi Tenggorokan Gatal
Tenggorokan Gatal

Penyakit memang bisa datang tak terduga. Begitu pula dengan tenggorokan gatal yang tentunya sangat mengganggu. Yuk Atasi!

Di tengah kesibukan kita dalam menjalani aktivitas harian, tentunya kesehatan adalah hal utama yang perlu kita jaga. Nggak pengen kan, ketika kamu sedang sibuk-sibuknya dengan kerjaan yang menumpuk, tapi badan kamu nggak fit.

Apa lagi ketika tenggorokan terasa nggak enak atau tenggorokan gatal yang membuat kamu mengalami batuk kering. Pastinya mengganggu aktivitas kamu juga dong.

Sebenarnya batu memiliki tujuan untuk menyingkirkan lendir atau zat iritasi yang menyebabkan gatal. Namun, nggak selamanya batuk bisa menghilangkan rasa gatal, dan inilah yang menyebabkan kamu akan menjadi sering batuk-batuk.

Jika kamu merasa hal yang demikian, lebih baik segera hilangkan dengan cara mengatasi tenggorokan gatal dengan cara alami.

Cara Menghilangkan Tenggorokan Gatal dengan Cara Alami

1. Konsumsi Madu

Konsumsi Madu
Konsumsi Madu

Sejak dulu, madu dipercaya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Madu juga disebut-sebut sebagai bahan penyembuh alami tanpa efek samping. Salah satunya adalah untuk meredakan tenggorokan yang gatal karena sfiat antimikrobanya. Kamu hanya perlu meminum satu sendok makan madu asli yang murni tiap pagi dan sore secara teratur, atau jika kamu nggak suka terlalu manis, kamu bisa campurkan dengan segelas air putih hangat.

2. Makan Bawang Putih

Bawang Putih
Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini mengandung allicin, yaitu senyawa organosulfur yang dikenal memiliki kemampuan dalam melawan infeksi. Makanya, bawang putih cocok banget buat menghilangkan tenggorokan gatal. Caranya adalah dengan menghangatkan 2 siung bawang putih ke dalam microwave selama 10-15 detik, kemudian digeprek dan langsung dimakan.

3. Isap Irisan Lemon

Lemon
Lemon

Buah lemon juga sangat membantu untuk meredakan batuk lho. Jika kamu nggak tahan dengan keasamannya, kamu bisa taburkan garam di atas irisan lemon. Masih nggak kuat juga? Kamu boleh kok mencampurkan perasan lemon ke dalam air madu.

Baca Juga: Air Dingin atau Air Panas: Mana yang Terbaik?

4. Teh Madu dan Lada Hitam

Lada Hitam
Lada Hitam

Jika kamu menderita batuk berdahak, kamu bisa mencoba ramuan satu sendok teh lada hitam, dua sendok makan madu, dan air mendidih. Biarkan selama 15 menit hingga larut, lalu saring air tersebut hingga menyisakan airnya saja dan minum ramuan tersebut. Lada hitam akan membuat sirkulasi tenggorokan semakin lancar dan madu dapat meredakan batukmu.

5. Wedang Jahe

Wedang Jahe
Wedang Jahe

Jahe memiliki efek anti einflamasi dan antimikroba yang dapat mengeluarkan lendir di tenggorokan. Makanya, minumlah jahe hangat untuk meredakan batuk berdahak dan tenggorokan gatal. Cara membuatnya juga cukup mudah, yaitu 2 batang serai, 1 batang besar jahe yang telah dibersihkan dan digeprek, 5 bij cengkeh, gula merah secukupnya, dan 500 ml air. Panaskan ingga mendidih dan air rebusan berkurang sampai berubah warna.

6. Berkumur Air Garam

Garam
Garam