Ternyata Ini 3 Penyebab Utama Kamu Sulit Bangun Pagi

Ternyata Ini 3 Penyebab Utama Kamu Sulit Bangun Pagi
iStock

Sulit bangun pagi hari? Jika iya, mungkin ini penyebab utamanya…

Mengatur alarm pagi dan bangun tanpa merasa lelah menjadi mimpi bagi banyak orang. Mungkin kamu sudah bangun pagi hanya mematikan alarm tapi tidur lagi karena merasa masih mengantuk sering sekali dilakukan. Padahal kita sudah terlambat untuk memulai hari.

Meski banyak janji, untuk bangun tepat waktu dan melakukan hal-hal penting sebelum pergi masih sulit dilakukan. Kenapa ya kita harus ‘berjuang’ untuk bangun di pagi hari? Mungkin malamnya sudah tidur tepat waktu tapi kenapa tetap sulit bangun pagi?

Ahli gizi selebriti Luke Coutinho, memberitahukan tiga alasan utama kenapa kebanyakan dari kita merasa sulit untuk bangun pagi-pagi. 

  • Olahraga sebelum tidur atau di malam hari

img

Banyak dari kita berolahraga di malam hari karena sulit bangun pagi. Nah, fungsi sebenarnya dari olahraga memberi energi untuk tubuh. Ketika kamu merasa lelah setelah berolahraga dan percaya bahwa cara terbaik beristirahat dengan pergi tidur mungkin berhasil bagi sebagian orang. 

Faktanya, lebih banyak orang yang merasa tidak bisa langsung tidur usai berolahraga. Bahkan beberapa orang mengaku olahraga di malam hari memiliki efek samping yang burul. Misalnya saja bisa mengganggu ritme sirkadian mereka (siklus tidur) karena padamalam hari tubuhmu sudah bersiap untuk ‘dimatikan’ namun malah berenergi. Hal ini bisa membuatmu mengalami insomnia sehingga sulit tidur di malam hari dan akhirnya terlambat bangun.

  • Makan malam satu jam sebelum tidur

img

Tahukah kamu kalau makan malam sebelum tidur bisa membuat tubuhmu ‘stres’? Jika tubuh memiliki makanan yang tidak tercerna—alih-alih bersantai, tubuh akan berusaha mencerna makanan itu. Jadi saat kamu seorang vegetarian, ingatlah untuk makan setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur. Bila kamu seorang non-vegetarian, makanlah 4 sampai 5 jam sebelum tidur karena daging yang berbeda membutuhkan waktu berbeda untuk dicerna.

  • Tidak berpikiran positif sebelum tidur

img

Ternyata jika sering berpikiran buruk sebelum tidur bisa membuatmu kelelahan di pagi hari makanya sulit untuk bangun tepat waktu. Untuk mengalihkan perhatian ke hal-hal positif, coba pikirkan tentang anak-anak. Ketika mereka harus bangun pagi untuk sekolah, kamu tentu benar-benar berusaha keras membangunkannya tapi jika akan pergi piknik mereka benar-benar menantikan dan bisa bangun bahkan sebelum alarm berbunyi. Itu karena mereka tidur dengan pola pikir positif dan sesuatu yang dinanti-nantikan.