Ternyata Rose Water Bisa Menghilangkan Bau Mulut!

Ternyata Rose Water Bisa Menghilangkan Bau Mulut!
ISTOCK

Dan meredakan tenggorokan gatal dan mengurangi jerawat. 

Tidak hanya wangi dan bermanfaat bagi kesehatan kulit, rose water ternyata memiliki sederet manfaat lain. H2O yang berasal dari tumbuhan Rosa damascene  juga mempunyai khasiat luar biasa untuk kesehatan, entah itu diaplikasikan secara topikal atau diminum. Tidak heran jika rose water telah menjadi favorit selama berabad, bahkan bagi seorang Cleopatra. Berikut di antaranya: 

MEMBUATMU TENANG

Aroma rose water sendiri dipercaya tidak hanya mengurangi tekanan darah tapi juga jumlah kortisol (hormon stress) di dalam tubuh. Seiring dengan meningkatnya level kortisol, begitu pula dengan tingkat stress. Sebuah studi dari tahun 2012 menemukan bahwa ketika minyak esensial ini dihirup melalui aromaterapi, terjadi penurunan jumlah kortisol di dalam tubuh.

MENENANGKAN KULIT

Pastinya ada alasan kenapa kita sering menyemprotkan rose water ketika ingin menikmati sesi spa. Tidak hanya secara alami menenangkan kulit (terutama yang mengandung rosacea), tapi juga memerangi jerawat. “Anti inflamatori, anti bakteri, mengandung antioksidan dan menghidrasi—merupakan empat alasan utama mengapa rose water sangat efektif dan bisa digunakan untuk berbagai hal,” kataTabasum Mir, MD, seorang ahli kulit yang memiliki spesialisasi dalam dermatologi kosmetik dan operasi laser kosmetik. Selain itu, rose water mampu melawan bakteri di permukan kulit, sehingga jerawat bisa berkurang.

MEMBUAT NAFASMU SEGAR

Lain kali kamu kehabisan cairan penyegar mulut, coba rose water. Cairannya memerangi bakteri di dalam mulut yang bertanggung jawab membuat nafasmu bau, sama seperti yang dilakukannya dengan bakteri di kulit.

MENINGKATKAN SUASANA HATI

Tidak hanya baik untuk mengurangi perasaan-perasaan cemas, rose water juga mampu memperbaiki suasana hatimu. Tabasum Mir mengatakan satu semprotan H2O spesial yang terkandung di dalamnya bisa membuatmu lebih bersemangat.

MEREDAKAN TENGGOROKAN GATAL