Tetap Tenang Namun Waspada, Ini Masalah yang Mungkin Terjadi Saat Hamil

Harus Baca! Ini 5 Masalah Kehamilan Paling Common!
Masalah Kehamilan dan Solusinya

Jangan dibawa stres dan kenali masalah serta solusi untuk mengatasi masalah kehamilan dengan cara berikut!

Kehamilan merupakan sebuah proses membuahkan sebuah janin pada tubuh wanita. Dalam proses ini, tentu para wanita akan menjajakkan dirinya di fase hamil muda.

Hamil muda merupakan kondisi di mana janin di dalam kandungan baru berkembang sekitar satu hingga 12 minggu. Ketika seorang calon ibu tengah menginjakkan fase ini, sebagian besar akan menemukan hal-hal yang cukup mengagetkan, terlebih bila kehamilan ini merupakan hamil pertama mu.

Meski ada kemungkinan kamu tak mengalami masalah yang mungkin terjadi saat hamil muda, namun kamu perlu mengetahui apa saja yang mungkin terjadi serta cara mengatasinya.

Terkait dengan hal tersebut, berikut adalah 5 masalah yang mungkin terjadi apabila seseorang sedang menginjak usia hamil muda yang telah dirangkum oleh Woop!

Potensi Masalah Saat Hamil Muda

1. Insomnia

Insomnia
Insomnia

Insomnia mungkin merupakan masalah yang cukup biasa untuk dialami oleh sebagian besar orang. Namun jika kamu tak pernah mengalami insomnia sebelumnya dan mengalami di tengah hamil muda, nampaknya hal tersebut merupakan hal yang terbilang wajar.

Pasalnya, ada sekitar 80% wanita yang tengah hamil akan mengalami gangguan tidur atau insomnia.

  • Solusi: Untuk memudahkan tidur, kamu bisa berendam atau mandi menggunakan air hangat sebelum tidur sebagai salah satu cara mengatasi insomnia.

2. Keluarnya Keputihan

Keputihan
Keputihan

Keputihan pun sama dengan insomnia, yaitu merupakan hal yang normal dialami oleh wanita yang hamil maupun tidak. Namun, mungkin kamu akan melihat cairan yang keluar dari vagina mu berstektur jauh lebih tipis dan berwarna putih susu.

  • Solusi: Jika keluarnya cairan keputihan mengganggu aktivitas sehari-hari mu, maka kamu bisa menggunakan panty-liners yang merupakan sebuah pembalut ukuran mini agar pakaian dalam tidak basah. Perlu dicatat, kamu sebaiknya pergi menemui dokter bila cairan yang keluar dari vagina memiliki bau yang tajam dan berwarna kekuningan atau kehijauan.

Baca juga: Waspada, Kenali Jenis Keputihan yang Normal dan Tak Normal!

3. Kram Kaki

Kram Kaki
Kram Kaki

Kram pada kaki merupakan hal yang benar-benar mengganggu, dan biasanya kejadian ini menimpa di saat tubuh sedang beristirahat atau sedang terlelap. Meski tak diketahui apa penyebab utamanya, namun banyak yang berasumsi bahwa hal tersebut disebabkan oleh berat badan yang meningkat saat hamil dan membuat beban tumpu kaki menambah.

  • Solusi: Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan stretching. Selain itu, kamu juga bisa mengompres kaki yang kram dengan air dingin untuk mengurangi rasa nyeri kram.

4. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan Darah Tinggi
Tekanan Darah Tinggi

Meningkatnya tekanan darah merupakan hal yang paling umum dialami oleh wanita hamil, baik saat hamil muda maupun hamil tua. Tingginya tekanan darah bisa berakibat fatal bagi sebagian orang.

  • Solusi: Untuk menghindari tekanan darah yang tinggi, kamu bisa melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga. Olahraga di sini tak perlu olahraga berat, melainkan bisa dilakukan dengan berjalan-jalan serta memakan makanan yang bernutrisi.

5. Heartburn

Heartburn
Heartburn