Ini Kenapa Tidur Bisa Berbahaya Saat Puasa

Ini Kenapa Tidur Bisa Berbahaya Saat Puasa
ISTOCK

Tidur saat puasa memang suatu bentuk ibadah tapi jika terlalu lama bisa berbahaya bagi tubuh lho.

Apa kegiatanmu saat puasa di weekend ini? Banyak yang memilih untuk bermalas-malasan sebagai kegiatan favorit, tidur salah satunya. Karena saat berpuasa, tubuh memang kehilangan banyak cairan yang bisa membuat badan kita lemas. Tapi kamu harus tahu, ternyata tidur terlalu lama dibulan puasa dapat berdampak buruk bagi kesehatanmu lho.

Menurut penelitian dari University of Warwick, terlalu lama tidur di siang hari ternyata berbahaya bagi kesehatan fisik maupun mental. Penelitian ini membuktikan bahwa kebanyakan tidur memiliki bahaya yang sama dengan kekurangan tidur, sama-sama akan merusak kemampuan otak kita.

img

Penelitian ini dilakukan pada sembilan ribu lansia yang berusia 65 sampai 89 tahun selama satu bulan, mereka disarankan untuk tidak tidur terlalu lama. Seperti dilansir oleh dailymail.uk, penelitian tersebut membuktikan bahwa tidur yang cukup bagi para lansia dapat mencegah gangguan mental dan fisik.

Profesor Francesco Cappuccio salah satu peneliti dari University of Warwick menjelaskan “Untuk orang dewasa tidur enam sampai delapan jam memang penting bagi kesehatan tubuh dan mental karena dapat mencegah demensia. Tidur yang cukup juga dapat mencegah obesitas, hipertensi, diabetes, penyakit jantung dan stroke. Saat tidur tubuh akan menyingkirkan racun berbahaya yan terakumulasi dari siang hari.”

Tidur yang terlalu lama juga akan menyebabkan kualitas tidurmu berkurang pada malam hari sehingga bisa menyebabkan rasa gelisah yang mengganggu memori otak dan membuat stres. Untuk menghindari hal tersebut, pera peneliti menyarankan waktu tidur siang yang baik adalah 45 menit hingga 1,5 jam.

So, mulai sekarang sebaiknya isi waktu weekend-mu dengan kegiatan yang bermanfaat ya...

Selanjutnya: Ini Kenapa Rasa Pedas Bisa Berbahaya Saat Berpuasa