Tingkatkan Tekanan Darah Rendah, Ini Makanan yang Perlu Kamu Makan

Tingkatkan Tekanan Darah, Ini Makanan yang Perlu Kamu Makan
Mengatasi Darah Rendah

Mengidap tekanan darah rendah tentu mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut adalah makanan yang perlu kamu makan untuk atasi darah rendah!

Sering merasa pusing, atau bahkan penglihatan seperti kabur, merupakan gejala yang dirasakan oleh pengidap darah rendah. Memiliki penyakit darah rendah menjadi salah satu dari banyak penyakit yang amat mempengaruhi aktivitas sehari-hari seseorang.

Pasalnya, ketika darah rendah menyerang, kamu bukan hanya merasa lemas, namun kamu juga bisa saja jatuh pingsan dan tak sadar untuk beberapa waktu. Hal ini tentu merupakan hal yang tidak dapat disepelekan, terlebih bila kamu sedang berpergian sendiri maupun kamu yang tinggal seorang diri di rumah atau apartment.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi penyakit darah rendah atau dengan kata lain meningkatkan tekanan darah yang rendah menjadi tekanan darah yang normal. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter dan meminum sejumlah suplemen untuk meningkatkan tekanan darah atau dengan melakukan cara alami dari rumah.

Nah, untuk cara yang alami, berikut Woop rangkum menjadi 5 cara untuk meningkatkan tekanan darah rendah untuk kamu yang pengidap darah rendah.

5 Cara Tingkatkan Tekanan Darah Rendah

1. Kafein

Kafein
Kafein

Kafein diketahui dapat membantu meningkatkan tekanan darah meskipun bersifat sementara. Kamu bisa meminum minuman yang mengandung kandungan kafein di dalamnya, seperti kopi dan atau teh.

Meminum segelas kopi atau teh diketahui dapat memperlancar sirkulasi darah. Meksipun belum ada penjelasan yang jelas mengenai hal tersebut, namun cara ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan tekanan darah rendah yang ampuh.

Baca juga: Hari Kopi Sedunia! Ini 7 Manfaat Kopi yang Perlu Kamu Tahu

2. Minum Suplemen B12

Suplemen Vitamin B12
Suplemen Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan salah satu vitamin yang berperan dalam membantu tubuh dalam memproduksi sel darah merah. Kurangnya sel darah merah diketahui akan menyebabkan penyakit anemia yang mana dapat menurunkan tekanan darah rendah.

Untuk itu, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin B12 yang diketahui dapat membantu meningkatkan tekanan darah pada tubuh.

3. Kurangi Porsi Makan

Makan dengan Porsi Lebih Kecil
Makan dengan Porsi Lebih Kecil

Mengurangi porsi makan yang dimaksud bukan lah menghilangkan waktu sarapan pagi atau makan malam, namun kamu dianjurkan untuk tidak melewatkan waktu sarapan pagi, siang, atau malam.

Melewati waktu sarapan pagi akan membuat kamu makan porsi yang lebih banyak di saat waktu makan siang, dan hal tersebut justru akan membuat tubuh mengeluarkan energi yang lebih banyak untuk mencernanya.

Kekurangan energi dapat membuat tekanan darah rendah kamu semakin merendah.

Baca juga: Tak Perlu Obat Kurus! Ini 7 Ramuan Tradisional untuk Diet

4. Makan Makanan Dengan Kandungan Garam Tinggi

Makan dengan Kandungan Garam Tinggi
Makan dengan Kandungan Garam Tinggi

Bila memakan makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi dilarang untuk kamu para pengidap darah tinggi, namun nyatanya hal ini menjadi keharusan untuk dikonsumsi oleh kamu yang menderita darah rendah.

Mengacu pada WHO, kamu wajib setidaknya memasukan satu sendok teh ke dalam makanan kamu untuk menstabilisasikan tekanan darah tubuh kamu.

5. Minum Banyak Air

Minum Air Banyak
Minum Air Banyak

Meminum air yang cukup merupakan hal yang wajib untuk dilakukan oleh tiap orang, terlebih untuk kamu yang mengidap tekanan darah rendah. Kamu dianjurkan setidaknya meminum 2 hingga 3 liter air tiap harinya.

Nah, itu lah sejumlah hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi darah rendah. Semoga bermanfaat, Woop ladies!

Selanjutnya: