7 Tips Merawat Rambut Hasil Smoothing Agar Tidak Cepat Rusak

7 Tips Merawat Rambut Hasil Smoothing Agar Tidak Cepat Rusak
Tips Merawat Rambut Hasil Smoothing

Smoothing rambut memang jadi jalan pintas untuk dapatkan rambut lurus yang mudah diatur. Ketahui tipsnya agar tidak cepat rusak!

Tidak banyak wanita yang punya rambut lurus asli. Karenanya mereka memilih cara untuk meluruskan mahkotanya tersebut demi untuk tampil makin cantik dan menarik. Salah satu cara yang dipilih adalah smoothing. Smoothing dipilih karena bisa membuat rambut lurus lebih lama. Dengan bantuan obat kimia rambutmu akan lebih awet lurusnya.

Namun, menurut pengalaman para wanita yang pernah melakukan smoothing bahwa hasil smoothing membuat rambut menjadi cepat rusak. Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan setelah melakukan smoothing agar biaya yang kamu keluarkan untuk smoothing tidak terbuang sia-sia. Berikut Woop berikan tips merawat rambut smoothing agar tidak cepat rusak.

Tips Merawat Rambur Smoothing Agar Tidak Cepat Rusak

1. Hindari menggunakan hairdryer

Hindari menggunakan hairdryer
Hindari menggunakan hairdryer

Setelah 3-4 hari, kamu boleh membilas rambut setelah melakukan smoothing. Sebaiknya ketika mengeringkan rambut setelah keramas jangan menggunakan hairdryer. Mengeringkan rambut menggunakan hairdryer akan lebih cepat merusak rambut karena suhu yang tinggi akan membuat rambut menjadi kering. 

2. Sering gunakan Conditioner

Sering gunakan Conditioner
Sering gunakan Conditioner

Sehabis keramas sebaiknya gunakan conditioner. Hal itu bisa untuk menjaga kelembutan rambut. Gunakan conditioner sebaiknya jangan sampai ke akar rambut karena hal itu dapat menyebabkan rambut berketombe, gatal, dan mudah lepek.

3. Gunakan sisir bergerigi renggang

Gunakan sisir bergerigi renggang
Gunakan sisir bergerigi renggang

Sebaiknya hindari menyisir rambut menggunakan sisir rambut yang berbahan plastik karena akan memicu efek listrik statis pada rambut kamu. Hal itu tidak baik karena dapat merusak rambut, maka gunakanlah sisir berbahan kayu dan renggang untuk mencegah hal itu. 

Baca juga: Kata Dokter, Cuma 2 Penyebab Rambut Rontok. Apa ya?

4. Jangan mencatok rambut terlalu sering

Jangan mencatok rambut terlalu sering
Jangan mencatok rambut terlalu sering

Mencatok rambut memang perlu dilakukan setelah perawatan smoothing rambut. Namun, hanya sesekali jangan terlalu sering. Terlalu sering mencatok rambut menyebabkan rambut kering dan cepat rusak.

5. Hindari keramas yang sering

Hindari keramas yang sering
Hindari keramas yang sering

Terlalu sering melakukan keramas mengakibatkan rambut kehilangan kelembapan alaminya. Sebenarnya rambut mengeluarkan minyak alami sendiri untuk menjaga kelembapan. Semakin sering keramas, minyak alami tersebut akan berkurang dan mengakibatkan rambut akan kusam dan cepat rusak.

6. Gunting rambut bercabang secara berkala

Gunting rambut bercabang secara berkala
Gunting rambut bercabang secara berkala

Masalah rambut bercabang mungkin akan semakin mudah kamu alami setelah melakukan smoothing. Maka dari itu, kamu perlu memangkas cabang-cabang tersebut secara berkala agar rambut tidak rusak. Gunting bagian ujung rambutmu setidaknya sebulan sekali untuk menghilangkan cabang sebelum kerusakan semakin menyebar.

7. Gunakan masker rambut

Gunakan masker rambut
Gunakan masker rambut

Hal ini penting dilakukan untuk menjaga rambutmu tetap lembut, bervolume, dan sehat. Masker alami dapat menjadikan rambut lebih sehat dan kuat sehingga tidak mudah rusak. Kamu bisa membuat masker rambut alami dari bahan alpukat, yoghurt, maupun lidah buaya. 

Tidak ada salahnya ingin tampil berbeda dan meluruskan rambutmu dengan smoothing. Namun, pastikan juga kamu selalu mengimbanginya dengan perawatan yang tepat ya, Ladies!

Selanjutnya: Perawatan wajah tidak harus beli skincare yang mahal. Ada beberapa cara merawat wajah agar putih berseri yang bisa kamu terapkan!

Loading Facebook Comment ...