Ingin Cepat Dapat Momongan? Ketahui 7 Tips Program Hamil ini!

Ingin Cepat Dapat Momongan? Ketahui 7 Tips Program Hamil ini
Tips Program Hamil

Kehamilan memang momen yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya. Berikut Woop berikan beberapa tips persiapan program kehamilan.

Kehamilan memang momen yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya. Apalagi bagi yang sudah enggak sabar untuk mendengar tangis bayi menghiasi rumah. Karena itu, enggak jarang pasangan yang ingin mempunyai momongan dengan melakukan banyak persiapan untuk kehamilan.

Ada banyak hal yang dilakukan untuk persiapan kehamilan, contohnya persiapan mental. Tetapi selain itu kamu juga harus memperhitungkan kesiapan fisik agar dapat memastikan kesehatan calon janin selalu sehat. Selain memastikan kesehatan calon janin, kamu juga harus mempersiapkan tubuh kamu sendiri menjelang kehamilan.

Nah, berikut Woop sudah merangkum beberapa tips persiapan program kehamilan yang harus kamu ketahui bersama pasanganmu.

Tips Persiapan Program Kehamilan

1. Cari Tahu Masa Subur

Tips Persiapan Program Kehamilan - Cari Tahu Masa Subur
Tips Persiapan Program Kehamilan - Cari Tahu Masa Subur

Masa subur ini merupakan masa ovulasi, ketika ovarium melepaskan sel telur. Jika sel telur dilepaskan pada saat masa subur perempuan ini berhasil dibuahi sperma, maka perempuan akan berpotensi hamil. Untuk menghitung masa subur, kamu harus ketahui dulu waktu menstruasi. Catatlah di kalender menstruasi untuk mengetahui masa subur kamu.

2. Cek kondisi kesehatan

Tips Persiapan Program Kehamilan - Cek Kondisi Kesehatan
Tips Persiapan Program Kehamilan - Cek Kondisi Kesehatan

Sebaiknya cek kondisi kesehatan masing-masing terlebih dahulu sebelum kamu dan pasangan ingin melakukan program hamil. Tes kesehatan yang biasa dianjurkan adalah tes kadar gula rendah, darah, pap smear, fungsi tiroid dan lainnya lagi. Hal ini penting dilakukan agar diketahui apakah ada kelainan atau masalah kesehatan yang dimiliki kamu dan pasangan.

3. Perhatikan asupan makanan

Tips Persiapan Program Kehamilan - Perhatikan Asupan Makanan
Tips Persiapan Program Kehamilan - Perhatikan Asupan Makanan

Hal ini bisa menjadi kunci keberhasilan program hamil kamu. Sebaiknya kamu dan pasangan ubah pola makan menjadi lebih sehat, hal ini bisa dimulai dengan memerhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Pilihlah makanan yang bernutrisi tinggi dan mengandung zat besi, asam folat dan kalsium.

Baca Juga: 5 Tanda Kehamilan yang Tidak Banyak Orang Tau

4. Rutin berhubungan seks

Tips Persiapan Program Kehamilan - Rutin Berhubungan Seks
Tips Persiapan Program Kehamilan - Rutin Berhubungan Seks

Apabila kamu dan pasangan sudah tahu masa subur dan kondisi kesehatan secara menyeluruh, alangkah baiknya berhubungan seksual lebih dari sekali. Namun ingat jangan melakukan secara berlebihan, karena hal tersebut malah membuat tubuh kamu dan pasangan kelelahan dan stres. Jadi lakukanlah secara optimal, yaitu dua sampai tiga kali dalam seminggu.

5. Lakukan hubungan seks dengan waktu yang tepat

Tips Persiapan Program Kehamilan - Lakukan Hubungan Seks Dengan Waktu Yang Tepat
Tips Persiapan Program Kehamilan - Lakukan Hubungan Seks Dengan Waktu Yang Tepat

Berhubungan intim bisa 12 sampai 24 jam setelah ovulasi terjadi. Waktu-waktu tersebut dipercaya sebagai cara cepat hamil yang cukup efektif, bahkan peluang untuk berhasil proses pembuahan akan besar. Manfaatkan sebaik mungkin masa subur perempuan agar program hamil berhasil dilakukan, karena sel telur hanya bisa bertahan hidup satu hari setelah berhasil dilepaskan indung telur.

6. Rutin olahraga

Tips Persiapan Program Kehamilan - Rutin Olahraga
Tips Persiapan Program Kehamilan - Rutin Olahraga

Enggak harus olahraga dengan intensitar tinggi kok, kamu dan pasangan bisa melakukan olahraga apapun yang kalian sukai, yang penting buatlah diri kalian bergerak setiap hari. Agar enggak malas dan lebih semangat, alangkah baiknya kamu dan pasangan melakukan olahraga bersama-sama.

7. Hindari Gluten

Tips Persiapan Program Kehamilan - Hindari Gluten
Tips Persiapan Program Kehamilan - Hindari Gluten

Gluten merupakan keluarga protein yang ditemukan di biji-bijian keluarga gandum. Kandungannya dapat menyebabkan ketidaksuburan pada tubuh, lho. Maka dari itu biaknya hindari makanan yang mengandung gluten untuk menyukseskan program hamil kamu.

Penjelasan diatas berikut adalah beberapa tips persiapan program hamil yang bisa kamu lakukan bersama pasangan kamu. Jangan lupa untuk konsultasikan ke dokter kandungan agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Semoga program hamilnya segera berhasil ya, Woop Ladies!

Selanjutnya: Berat badan ideal sangat penting untuk kesehatan Ibu dan bayi yang dikandung, bagaimana menentukan berat badan ideal saat hamil?

Loading Facebook Comment ...