Traditional Indonesian Beauty Treatments

Traditional Indonesian Beauty Treatments
ISTOCK/LUCKY BUSINESS

Dari totok aura sampai terapi rempah, WOOP merekomendasikan empat perawatan kecantikan tradisional yang harus dicoba.

Bagi kebanyakan perempuan Indonesia, pijat adalah hal yang biasa: baik di klinik kecantikan maupun dengan si mbok langganan. Manfaatnya diyakini mampu meningkatkan sirkulasi darah, menenangkan pikiran, dan membuat tubuh terasa segar.

Tak hanya pijat saja, ternyata Indonesia menyimpan bermacam pilihan beauty ritual tradisional lainnya; banyak diantaranya diadaptasi dari kebiasaan putri-putri kerajaan kuno. WOOP memilih empat pilihan perawatan tradisional yang organik dengan pendekatan yang lebih holistik.

Lulur

Berasal dari ritual tradisi putri Jawa kuno yang dilakukan sebelum pernikahan, dan telah ada dari abad ke-17. Secara historis, ritual lulur dilakukan setiap hari selama 40 hari menjelang upacara pernikahan, dan dipercaya akan melembutkan, mempermanis dan mencerahkan kulit.

Ritual lulur terus hidup dan berkembang di klinik-klinik dan salon yang menawarkan jasa spa tradisional, dengan berbagai macam pilihan body scrub. Ramuan lulur menggabungkan herbal asli, rempah-rempah dan bunga seperti melati, kunyit, jahe, kelapa, kopi, kamboja, bengkuang dan beras.

Try it at:

Bale-bale Spa

Jl. Pangeran Antasari No. 39 B Cipete, Jakarta Selatan

Phone: (021) 750 6587Price Range: 85.000 – 300.000

Jamu Traditional Spa

Jl. Cipete VIII / 94B Cipete, Jakarta SelatanPhone:  (021) 765 9691

Price Range: 150.000 – 350.000, tergantung dari jenis lulur yang dipilih.

Totok Aura

Totok aura adalah jenis khusus dari totok wajah, sebuah ritual akupresur untuk face-lifting secara natural. Ritual totok aura adalah menggabungkan terapi akupresur dan chi/bio energi alami yang dihasilkan tubuh. Selain meningkatkan sirkulasi darah, mengencangkan wajah, dan melembutkan kulit, jenis totok wajah ini meningkatkan kesehatan secara menyeluruh dengan menyeimbangkan energi dalam tubuh. Penggemar ritual ini bahkan mengklaim bahwa perawatan totok aura rutin dapat meringankan migrain, stres dan penyakit lainnya.

Try it at:

Dian Kenanga

Jl. Raya Pejaten Barat No. 38 (Rumah Bata Merah)

Kemang, Jakarta SelatanPhone: (021) 780 6679 / 780 1185

Price Range: 140.000 – 255.000

Ratus (V-Spa)

Ratus adalah pengobatan tradisional yang dirancang untuk menjaga daerah intim wanita yang sudah menikah tetap segar, sehat dan berbau harum. Campuran rempah-rempah fragrant termasuk kayu rapat, yang diyakini memiliki khasiat untuk merapatkan daerah intim, disiapkan dalam pot keramik dan dibakar dengan arang untuk menghasilkan harum rempah yang unik.  Ratus mengharuskan penggunanya duduk dengan posisi kaki terbuka, dan terapis akan menempatkan pot keramik di posisi bawah supaya asapnya naik ke atas. Selain meninggalkan wangi yang menenangkan, perawatan ini dipercaya memiliki fungsi anti-bakteri dan jamur, juga membantu meringankan gatal-gatal yang disebabkan oleh infeksi.

Try it at:

Martha Tilaar Day Spa

Martha Tilaar Salon Day Spa Pondok Indah

Pondok Indah Plaza II, Jl. Sekolah Duta V Blok BA No. 55, Jakarta SelatanPhone : (021) 769 5456 / 769 5131

Price Range: 150.000 – 350.000 (untuk pilihan kombinasi Ratus dengan perawatan lain)

Kunjungi www.marthatilaarspa.com untuk pilihan lokasi lainnya.

Boreh

Berasal dari tanah Bali, perawatan boreh dulunya dipraktekkan oleh kaum petani di rumah, setelah bekerja penuh di sawah setiap hari. Tubuh dibungkus dengan ramuan herbal yang berasal dari rempah-rempah organik, akar dan tumbuhan khusus untuk meredakan nyeri tubuh akibat lama bekerja. Pertama-tama, badan dipijat untuk merilekskan otot-otot yang kaku, kemudian dibungkus dalam campuran rempah-rempah kunyit, cengkeh, kayu cendana, kayu manis dan bahan-bahan lainnya. Perawatan boreh dipercaya mencegah pilek, meredakan sakit, menghilangkan stres, dan meringankan sakit kepala.

Try it at:

Zen Family Spa

Jl. Gunawarman No.43, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Phone: (021) 726 2375

Price Range: 299.000, untuk perawatan selama 1 jam.