Riset Menunjukkan Usia 35 Tahun Adalah yang Paling Tepat Untuk Memiliki Anak

Usia 35 Tahun Adalah yang Paling Tepat Untuk Memiliki Anak
Usia kehamilan bagi wanita

Jangan salah kaprah, kehamilan di usia tua justru nggak membahayakan kesehatan wanita. Ternyata ini usia tepat memiliki anak untuk wanita.

Kamu pasti pernah mendengar mitos yang mengatakan, bahwa hamil setelah usia 35 tahun itu berbahaya. Jangan langsung percaya ladies, karena ternyata penelitian justru mengatakan hal yang sebaliknya, lho!

Baru-baru ini para ilmuwan telah menemukan bahwa usia optimal untuk memiliki anak justru di usia yang lebih matang dibanding yang selama ini masyarakat kira. Banyak perempuan berpikir, usia 20-an merupakan waktu yang paling tepat untuk memiliki anak pertama.

Tanda Kehamilan yang Tidak Banyak Orang Tau
Kehamilan bagi wanita

Hal tersebut justru menciptakan stigma buruk di masyarakat, dan membuat orang berpikir bahwa menikah dan memiliki anak di usia yang lebih matang justru berbahaya bagi kondisi fisik perempuan. Padahal, banyak juga wanita yang ingin fokus berkarir sebelum memutuskan untuk memulai sebuah keluarga.

Baca juga: Cara Penanggulangan yang Tepat Bagi Pengidap Gangguan Depresi

Ungkapan yang sering terdengar ialah, seiring bertambahnya usia ibu, maka komplikasi kehamilan dan kelainan pada kandungan juga semakin tinggi. Tapi, apakah hal tersebut benar terbukti? Meski kita nggak boleh abai dengan komplikasi medis yang mungkin dialami oleh wanita, beberapa ilmuwan justru menemukan manfaat pentingnya menunda kehamilan.

Para peneliti di University of California, baru saja menyelesaikan studi yang menemukan bahwa usia 35 tahun adalah masa yang optimal bagi wanita untuk memiliki bayi pertama mereka. Para ibu ini ditemukan memiliki harapan hidup yang lebih lama serta fungsi mental yang lebih baik dibanding mereka yang melahirkan di usia muda.

iSTOCK
Hamil di usia tua

Baca juga: Berhubungan Intim Saat Hamil Muda, Bahaya Nggak Sih?

Studi ini membandingkan wanita paska menopause yang memiliki bayi saat mereka berusia 15 hingga 24 tahun, dengan wanita yang memiliki anak pertama setelah usia 35 tahun. Kelompok wanita yang lebih tua memiliki kemampuan memecahkan masalah dan keterampilan verbal yang lebih baik, ketajaman mental, dan memori. Singkatnya, pikiran mereka lebih sehat. 

Hasil penelitian tersebut erat kaitannya dengan kondisi hormon. Umumnya, hormon estrogen dan progesteron akan meningkat selama kehamilan, dan lebih bermanfaat bagi kimia otak ibu setelah usia 35 tahun.

Terlepas dari penelitian tersebut, kamu nggak perlu terlalu memusingkannya ladies. Menikah dan memiliki anak memang perlu dipikirkan baik-baik, namun di usia berapa pun asalkan kamu siap, nggak perlu sibuk memikirkan ucapan orang lain ya.

Selanjutnya: Para peneliti menemukan cara baru yang bermanfaat dalam dunia kesehatan, yaitu transplantasi cairan vagina. Simak penjelasannya!

Loading Facebook Comment ...