5 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Agar Tidak Malas Makan

5 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Agar Tidak Malas Makan
ISTOCK

Vitamin penambah nafsu makan yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi anak agar tidak malas makan atau pilih – pilih makanan

WOOP.ID - Nafsu makan anak sangat sulit ditebak. Hari ini mungkin mereka memiliki nafsu makan yang baik tetapi dil ain hari nafsu makannya akan turun drastis, menolak semua makanan yang kita tawarkan.

Terkadang anak malas makan dan suka pilih – pilih makanan. Padahal, kebutuhan nutrisi dan gizi paling dibutuhkan untuk tumbuh kembang sang Anak. 

Salah satu cara yang dapat membantu adalah dengan memberikan sang anak suplemen untuk meningkatkan nafsu makan anak dan memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizinya.

Jika nafsu makannya bagus, anak akan semangat untuk mengkonsumsi berbagai hidangan makanan yang disiapkan. 

Perhatikan Kandungan Dalam Suplemen

Sebelum memberikan suplemen pada anak perlu diingat dan diperhatikan terlebih dahulu kandungan yang terkandung di dalamnya.

  • Zinc

Ada beberapa kandungan di dalam suplemen vitamin yang berperan sebagai penambah nafsu makan atau penambah berat badan untuk anak. Berikut Woop bagikan daftarnya :

Saat anak mengalami kekurangan nafsu makan, bias jadi tubuhnya mengalami kekurangan zinc. Karena selain berfungsi untuk mengikat protein, zinc juga dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. 

Kondisi tidak nafsu makan pada anak ini sebetulnya berbahaya, karena kebutuhan nutrisi dalam tubuh tidak dapat tercukupi dengan baik dan mengakibatkan anak kita terserang berbagai macam penyakit.  

Namun pemberian vitamin tetap harus dalam pengawasan dokter agar takaran yang diberikan kepada anak sesuai dengan usianya.

Namun pemberian vitamin tetap harus dalam pengawasan dokter agar takaran yang diberikan kepada anak sesuai dengan usianya. 

  • Curcuma

Tanaman kunyit yang selama ini kita lihat di dapur, memiliki khasiat penambah nafsu makan. Hal ini karena pengaruh kandungan curcumin di dalamnya.

Hasil penelitian terhadap curcumin (diferuloymethane) membuktikan bahwa zat ini dapat meningkatkan selera makan pada Anak.

  • Kalsium

Untuk menambah kepadatan tulang, Anak dianjurkan untuk mengkonsumsi kalsium yang cukup karena masih dalam masa pertumbuhan. 

  • Minyak Ikan

Minyak ikan dikenal sebagai salah satu kandungan yang efektif dalam merangsang nafsu makan anak.

Minyak ikan juga bosa meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan mengurangi resiko perut kembung pada Anak.

Minyak ikan biasanya diambil dari ekstrak lemak ikan, seperti ikan salmon, tuna, dan makarel atau salmon.

Vitamin penambah nafsu makan anak yang mengandung minyak ikan biasanya berbentuk kapsul.

Pastikan melihat takaran sajian dalam kemasan untuk menghindari kondisi kelebihan minyak ikan. 

Alasan Anak Susah Makan

Pada umumnya anak susah untuk makan dimulai sejak usia 1 tahun. Pada masa ini, proses pertumbuhan anak melambat ndari masa sebelumnya.

Hal tersebut terkadang diikuti dengan penurunan selera makannya. Kerap kali menimbulkan permasalahan yang muncul berkaitan dengan perilaku anak yang susah makan yaitu :

  • Menolak Makan 

Bagi anak, makan adalah sesuatu keterampilan yang baru baru dikuasai oleh dirinya. Memilih apa yang ingin ia masukan kedalam mulutnya adalah hal penting baginya. Ketika mood dan pikirannya berubah, maka berubah pula pola nafsu makannya.

  • Mengkonsumsi Satu Makan Saja

Ketertarikannya pada satu makanan seringkali menyebabkan sang anak susah makan.

  • Suasana Makan Yang Kurang Menyenangkan

Untuk menambah nafsu makan, biasanya anak membutuhkan suasana yang menyenangkan sehingga anak dapat menganggap bahwa dengan makan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan

Agar Mama tidak bingung untuk memilih vitamin yang bagus dan bernutrizi baik untuk si kecil, berikut Woop bagikan beberapa rekomendasi suplemen penambah nafsu makan untuk anak. Berikut daftarnya :

1. Apialys

vitamin anak
vitamin anak

Apialys merupakan salah satu jenis vitamin penambah nafsu makan anak yang sering direkomendasikan oleh banyak dokter anak. Apialys drop akan membantu anak dalam memenuhi vitamin hariannya.

Selain untuk menambah nafsu makan anak, Apialys juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dan juga membantu tumbuh kembang agar semakin optimal.

Kandungan yang terkandung dalam satu botol kemasan Apialys Antara lain Vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan D.

Selain itu ada juga kandungan Lysine HCL, D-pantothenol, dan I-glutamic acid. Untuk dosis pemberiannya kepada anak harus mengikuti anjuran pemakaian atau resep dari dokter ya Moms. 

2. Curcuma Plus

vitamin anak
vitamin anak

Curcuma Plus ini dikenal sebagai penyelamat bagi anak yang suka pilih – pilih makanan. Suplemen ini terbuat dari temulawak yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan anak – anak. 

Curcuma Plus ini juga memiliki ekstrak 11 sayuran dan buah – buahan, sehingga cocok untuk anak yang suka menolak makan sayur.

Produk ini juga dapat diberikan untuk anak dari usia satu tahun ke atas dengan takaran satu kali sehari. 

Vitamin ini hadir dengan rasa jeruk yang sangat disukai anak – anak jadi tidak perlu khawatir anak akan menolaknya.

3. Mollers Tran Cod Liver Oil

vitamin anak
vitamin anak

Suplemen yang satu ini berasal dari Norwegia. Produk ini sudah terkenal diantara orang tua karena mampu meningkatkan nafsu makan anak dan juga menunjang pertumbuhan serta perkembangannya. Suplemen ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa.

4. Vegeblend 21 Jr

vitamin untuk anak
vitamin untuk anak

Suplemen ini untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki nafsu makan anak, memperlancar pencernaan, dan memenuhi kebutuhan nutrisi dari sayuran.

Kelebihan suplemen ini dibandingkan suplemen lainnya adalah komposisinya yang terdiri dari 21 ekstrak sayuran seperti brokoli, wortel, dan tomat, dan lain – lain. 

5. Madu Antariksa

vitamin untuk anak-anak
vitamin untuk anak-anak

Madu Antariksa adalah ramuan herbal dari bahan alami yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu meningkatkan nafsu makan anak.

Komposisinya terdiri dari madu asli, temulawak, albumin ikan gabus, dan gamat emas. Produk ini sangat cocok untuk anak yang kekurangan nafsu makan, kurang berat badan, kurang stamina, daya tahan tubuh rendah, dan masalah lainnya.

Anak yang mengalami susah makan adalah kondisi yang sangat wajar. Umumnya anak susah makan disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor psikologis, medis ( penyakit) dan neurologis. Penyakit seperti TBC, influenza, dan sariawan juga dapat mengakibatkan anak sulit makan.

Terlebih bagi anak-anak, makan merupakan kegiatan eksplorasi, dimana otak mereka masih bertumbuh dan belum mengenal banyak hal sehingga tidak heran jika anak-anak terkadang susah untuk makan.

Agar nafsu makan anak bertambah, ada baiknya Mama mengajak si kecil untuk makan dalam suasana yang menyenangkan serta memberikan asupan vitamin penambah nafsu makan secara teratur.

Baca: Ini Pengertian Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Baca: 9 Daftar Makanan Terbaik untuk Perkembangan Otak Anak

Baca: Nama Anak Laki-laki Dalam Islam A-Z dan Artinya

Baca: Inspirasi Menu Sehat MPASI Yang Lezat Bergizi Dan Simple

Baca: Tanya Psikolog: Bagaimana Menyikapi Masalah Anak di Sekolah?