Warna yang akan Mendominasi Tahun 2018: Ultra Violet

Warna yang akan Mendominasi Tahun 2018: Ultra Violet
ISTOCK

Ada yang mau minum kopi ungu?

Selamat tinggal millennial pink, dan selamat datang warna baru yang dipilih Pantone sebagai Color of the Year 2018: ultra violet. Jika dibandingkan nuansa merah muda yang merajai tahun 2017 (dari kuku, bibir, rambut, sampai kopi), warna ini memang terlihat lebih berani dan cerah, tapi mungkin ini yang kita butuhkan untuk menyambut tahun 2018. 

daihatsu banner

Menurut sebuah wawancara dengan New York Times, Leatrice Eiseman, executive director of the Pantone Color Institute mengatakan warna terang ini "mencerminkan originalitas dan pemikiran visioner," dan menambahkan bahwa "ini benar-benar merefleksikan apa yang kita butuhkan di zaman sekarang," tapi "jangan juga lupa apa yang terjadi di dunia." 

Inspirasi warna tegas ini didapat dari pemikir-pemikir kreatif seperti Prince (ingat 'kan lagu Purple Rain), juga dari kristal violet dari gerakan hidup sehat yang menjadi tren di tahun 2017, dan pastinya semesta (baca: sisa-sisa supernova, nebula ungu). Eisemen berujar ultra violet "merupakan warna paling kompleks dari semua warna karena berasal dari dua warna yang sangat berlawanan—merah dan biru—untuk menciptakan sesuatu yang baru." 

Sebelumnya, di tahun 2015 Pantone memilih dua warna untuk 2016: rose quartz dan serenity (merah jambu dan biru). Tahun lalu, "institut otoritas warna ini" memilih hijau.

Namun di tahun ini, Eiseman menjelaskan: "Kami ingin memilih sesuatu yang membawa harapan dan mengandung pesan yang positif." Ini sama halnya dengan teori psikologi warna yang mengatakan ketika senyum, kita menjadi lebih bahagia. Atau kalau menurut Pantone, jika kamu memakainya/meminumnya, solusi masalahmu kemungkinan akan muncul. Ambisius? Memang. Well, siap-siap melihat ada kopi berwarna ungu ya, dalam waktu dekat! 

Shop From Our Partner Cathaofficial.com