Ini Kenapa Mie Instan Bisa Berbahaya Untuk Sahur

Ini Kenapa Mie Instan Bisa Berbahaya Untuk Sahur
istock

Mie instan memang enak dan juga praktis untuk dibuat apa lagi saat jamnya sahur, tapi tahukah bahaya yang mengancam tubuhmu?

Kamu pecinta mie instan? Saat bulan puasa, mie instan menjadi solusi hidangan sahur ketika bangun telat dan tidak ada makanan. Namun tahukah kamu bahaya yang ditimbulkan jika sering mengosumsi mie instan?

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh World Instan Noodles Association tahun 2017 menyebutkan, “Seluruh masyarakat di penjuru dunia setidaknya mengonsumsi 102,7 miliar porsi mie instan dalam jangka waktu satu tahun. Hal tersebut terjadi karena mie instan merupakan makanan cepat saji yang praktis, murah dan juga enak.”

Penelitian lain menunjukan mie instan memiliki kandungan monosodium glutamat (MSG) yang dapat membahayakan kesehatan otak. “Bagi orang yang sering mengonsumsi mie instan akan berakibat sakit kepala, mati rasa di beberapa bagian tubuh dan juga kesemutan,” ujar salah satu peneliti yang dilansir oleh healtline.com

Apa saja bahaya yang bisa ditimbulkan dari mie instan?

1. Rusaknya jaringan otak

img

Konsumsi mie instan secara terus-menerus sama dengan menumpukan zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh yang berdampak merusak sel-sel jaringan otak. Terlalu sering mengonsumsi mie instan memungkinkan terjadinya penurunan trasmisi sinyal dalam otak dan dapat memicu penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

2. Menyebabkan keguguran

img

Bagi ibu hamil, sebaiknya jangan terlalu sering untuk mengonsumsi mie instan karena dapat menyebabkan keguguran. Kandungan natrium yang ada pada mie instan dapat membuat ibu hamil terkena hipertensi. Akibatnya, akan menyebabkan ibu hamil rentan terkena penyakit komplikasi kehamilan yang akan berbahaya bagi ibu dan janinnya. Bahan kimia yang terdapat pada mie instan juga bisa menembus sampai ke dalam plasenta yang akan menbuat ibu hamil beresiko mengalami keguguran.

3. Risiko kanker

img

Kanker adalah penyakit mematikan nomer satu di dunia yang ditakuti oleh banyak orang. Bahan kimia dan pengawet yang ada di mie instan dapat memicu sel kanker menjadi aktif. Jadi jangan terlalu sering mengonsumsi mie instan jika tidak ingin berisiko terkena kanker ya.

4. Gagal ginjal

img

Jangan mengonsumsi mie instan terlalu banyak jika ingin ginjal mu tetap sehat. Mie instan mengandung zat yang berbahaya bagi ginjal yaitu proplene glycol. Zat ini menyebabkan kerja ginjal menjadi terganggu sehingga kamu bisa terkena gagal ginjal.

Selanjutnya: