10 Ways To Be More Organized

10 Ways To Be More Organized

Siapapun dapat menata hidupnya untuk menjadi lebih efektif, dan WOOP berbagi tips untuk membuat hidupmu lebih terorganisasi.

1. Jangan meninggalkan tugas apapun sebelum selesai dikerjakan. Meninggalkan pekerjaan atau bisnis yang belum selesai adalah akar dari kebiasaan yang tidak teratur. Bangun sebuah area/zona bebas gangguan selama jam kerja dan hindari hal-hal yang dapat mengganggu fokus.

2.Pastikan dirimu memiliki rencana atau to-do list untuk beberapa hari ke depan, sehingga tahu apa yang harus dikerjakan dan apa saja yang mungkin menjadi keperluan. Jika daftarmu ternyata cukup panjang, atur jadwalmu dan berikan waktu lebih untuk menyelesaikan mereka semua.

3.Tak perlu menjadi perfeksionis sepanjang waktu. Tidak semua hal akan berjalan sempurna, dan kadang-kadang 'cukup baik' benar-benar sudah cukup.

4.Atur alarm untuk membantu menyelesaikan tugas tepat waktu dan mengingatkan jadwal supaya kamu tetap fokus pada tujuan dan deadline.

5.Pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan memiliki fungsi energy-boost. Pasalnya, dibutuhkan makanan dan asupan gizi teratur agar tetap fokus dan berenergi.

6.Organized people knows their strengths and weakness--dan mereka mendelegasikan tugas sesuai dengan kapasitas itu. Mereka menyadari waktu mereka lebih berharga daripada mencoba untuk mencari tahu setiap hal kecil. Kamu yang perfeksionis mungkin tidak nyaman membiarkan orang lain ikut mengelola pekerjaan, tetapi setiap bantuan dan kontribusi yang kamu dapatkan pasti akan membantumu untuk dalam mengelola stres secara rutin dan tetap bertahan pada tujuan dan jadwal.

7.Memanfaatkan sedikit waktu untuk diri sendiri sepanjang hari sangat penting. Apakah itu istirahat singkat 10 menit, sesi gym atau yoga sepulang kantor; buatlah waktu khusus untuk mencapai kesenangan, kesehatan dan tujuan pribadi lainnya.

8.Jangan berikan toleransi pada meja kerja yang berantakan. Alih-alih membiarkan kertas bertumpuk di meja, cobalah memilah secepatnya saat sudah mulai banyak. Memang, beberes jauh lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, tapi mungkin jika dilakukan akan jadi kebiasaan. Jika kamu kesulitan dengan hal-hal seperti ini, coba buat jadwal khusus setiap minggu untuk merapikan tumpukan kertas, bon, dan berkas-berkas lainnya. Dijamin, bebas pusing dan produktivitas segera meningkat!

9.Luangkan beberapa menit setiap pagi untuk mengatur to-do list, supaya ada tujuan khusus yang harus diprioritaskan dan diselesaikan di hari itu. Sebaiknya tempatkan tugas yang paling sulit untuk diselesaikan terlebih dahulu, karena kamu memiliki lebih banyak energi untuk dimanfaatkan di awal hari.

10.Orang-orang yang hidupnya terorganisir dengan baik memiliki rutinitas untuk pagi maupun malam hari. Mereka memblokir waktu tertentu dalam sehari untuk jam kerja, cek email, meeting, tugas, waktu di luar kantor dan lain lain. Biasakan memiliki jadwal teratur, and soon it would be second nature!