2 Kata yang Tidak Boleh Kamu Ucapkan Saat Wawancara Kerja

2 Kata yang Tidak Boleh Kamu Ucapkan Saat Wawancara Kerja
iStock

Ingin segera mendapatkan pekerjaan? Ingat ada dua kata yang sebaiknya tidak kamu ucapkan saat wawancara kerja.

Apa kamu selalu gugup saat wawancara kerja? Jika iya, jangan sampai mengucapkan dua kata ini ya. Dua kata apa ya yang dimaksud? 

Dua kata itu adalah: batu loncatan.

img

Yap, jangan pernah mengucapkan kata tersebut saat wawancara kerja. Menurut penulis karier Suzy Welch, jika sekali saja pelamar menjawab atau menerangkan pekerjaan masa lalu adalah batu loncatan maka bisa membuat pewawancara ragu untuk memilihmu (walaupun kriteriamu sangat sesuai posisi yang diinginkan).

"Maukah kamu menikah dengan seseorang yang berkata, “Kamu itu baik tapi aku masih menunggu seseorang yang lebih baik”. Jelas tidak, seperti itulah persisnya saat pewawancara mendengarkan calon pelamarnya mengucapkan kalimat tersebut,” ujar Suzy.

Suzy Welch mengaku pertama kali mendengar dua kata ini dalam sebuah wawancara adalah ketika ia menjadi seorang manager perekrutan yang mencari editor untuk majalah bisnis. Ia berharap bisa merekrut kandidat berbakat yang terlihar tertarik dengan posisi tersebut.

Wawancara berjalan dengan baik sampai Suzy Welch mengakhirinya dengan mengajukan pertanyaan klasik, “Bagaimana pengalamanmu bekerja selama tiga tahun terakhir?”

img

Kandidat menjawab kalau ia pernah bekerja di bank sebelumnya dan itu menjadi batu loncatan yang baik hingga bisa sampai tahap ini. Jawaban itu mengejutkan Suzy dan ia tidak menerima kandidat itu—tak peduli seberapa mengesankan bakatnya.

Meski kamu tidak yakin pekerjaan yang ditawarkan bisa menjadi komitmen seumur hidup, tak perlu mengatakan soal ‘batu loncatan’. Dua kata tersebut akan menjadi boomerang karena bisa membuat pewawancara berpikir kamu tidak serius untuk berdedikasi buat perusahaan.

Kamu juga terkesan bekerja hanya demi diri sendiri dan ‘bayaran’ semata bukan membantu perusahaan untuk maju. Akan lebih baik, kamu menjelaskan semua pengalaman kerja dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya: jangan langsung sedih, ini manfaat jika kamu ditolak kerja. Baca di sini lebih lengkapnya.

Shop From Our Partner Cathaofficial.com