3 Alasan Kenapa Buka Puasa Bersama Penting untuk Karier

3 Alasan Kenapa Buka Puasa Bersama Penting untuk Karier
ISTOCK

Jangan pernah menolak ketika ada ajakan buka puasa bersama karena ternyata bisa memengaruhi kariermu lho!

Bulan Ramadan segera berakhir. Namun ajakan buka bersama masih menjadi rutinitas setiap bulan puasa. Biasanya, acara buka puasa bersama menjadi kesempatan untuk kumpul bareng, baik bersama teman sekolah, keluarga, sahabat, bahkan rekan kerja di kantor.

Sebenarnya, acara buka puasa bersama bukan semata-mata berkumpul untuk hura-hura, mengalokasikan uang buat mengonsumsi makanan yang enak, melainkan bisa mendapatkan nilai-nilai positif seperti menguatkan ikatan tali silaturahmi yang terkadang lupa untuk dilakukan di hari-hari biasa. Namun tak hanya itu saja, buka puasa bersama ternyata juga bisa memengaruhi kariermu lho. Berikut alasannya: 

Membuat Suasana Lebih Cair

Setiap bulan Ramadan biasanya kita akan banyak mendapatkan bermacam-macam undangan buka puasa bersama. Nah, biasanya acara buka puasa bersama ini menjadi momentum yang pas untuk berkumpul dan bersilahturahmi dengan orang yang sudah lama tidak kita temui. 

Meskipun acara buka bersama ini terkesan santai, kamu tidak dilarang untuk membicarakan bisnis lho. Karena momen buka bersama membuat suasana lebih cair untuk bicara bisnis dengan santai dibandingkan saat meeting di waktu rapat kantor.

img

Mendekatkan Hubungan

Yep, ajang buka puasa bersama ini bisa mendekatkan hubungan kita menjadi lebih dekat dengan orang-orang yang sudah lama tidak kita temui. Sehingga kamu bisa membangun kembali kedekatan dengan mengenang cerita masa lalu. Nah, dari hal itu, kamu bisa mulai bertanya tentang kegiatan teman lamamu saat ini. Dari mendengarkan, kamu bisa mulai mencari peluang menciptakan kerjasama.

Memperluas Jaringan

Tidak hanya mendekatkan kembali sebuah hubungan, buka puasa bersama bisa membuatmu mendapatkan networking yang semakin luas. Karena kamu akan bertemu dengan berbagai macam orang dari latar belakang pekerjaan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, jangan batasi diri dengan hanya berbicara kepada temanmu saja. Bagaimana pun menambah kenalan baru tidak ada ruginya. Siapa tahu teman barumu bisa menjadi klien potensial dalam pekerjaamu. Atau mungkin bisa sebagai pembuka jalan untuk karier yang lebih menjanjikan.

Selanjutnya: Punya maag? Coba yuk hindari tujuh makanan ini saat puasa.