3 Resolusi Finansial Penting yang Harus Dimiliki Perempuan

3 Resolusi Finansial Penting yang Harus Dimiliki Perempuan
Resolusi finansial untuk perempuan

Menyambut pergantian tahun, setiap perempuan tentu harus memilik resolusi finansial yang lebih baik. Simak penjelasannya lebih lanjut!

Bagi banyak orang, membuat resolusi telah menjadi tradisi yang dilakukan setiap kali memasuki awal tahun. Sebagai seorang perempuan, mungkin daftar resolusimu tahun ini termasuk melengkapi rangkaian skin care, lebih sering mengunjungi gym, ataupun travelling ke berbagai destinasi. Tapi sudahkah Woop ladies menyusun resolusi yang tak kalah penting, yaitu resolusi keuangan?

Memiliki rencana keuangan yang solid sangatlah penting bagi perempuan karena kita seringkali dihadapkan pada risiko finansial, misalnya jika suatu saat kita harus berhenti bekerja demi keluarga atau jika ditinggalkan oleh pasangan yang selama ini menjadi sumber nafkah utama.

Resolusi finansial yang kamu tetapkan di awal tahun bisa membantu kamu lebih fokus dalam mengejar target-target keuanganmu sehingga diharapkan ke depannya kamu bisa memiliki stabilitas finansial. Nah, untuk kamu yang belum membuat resolusi finansial di tahun ini, yuk simak tiga resolusi finansial penting yang harus dimiliki perempuan berikut ini.

Belanja: cermat dan tercatat

SHUTTERSTOCK
Belanja cermat

Tahun ini, tak ada salahnya kamu mulai membangun kebiasaan berbelanja yang cermat. Belanja bulanan bisa jadi salah satu pos pengeluaran terbesar, sehingga kamu harus mengelolanya dengan sebaik mungkin. Hal mudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan memilih berbelanja di pasar tradisional atau supermarket yang menjual barang secara grosir. Sedangkan untuk barang-barang lainnya yang mungkin kamu butuhkan atau inginkan, manfaatkan momen-momen seperti hari raya atau Harbolnas untuk mendapatkan diskon besar.

Ingat juga untuk mencatat setiap pengeluaran, baik yang kecil maupun besar, dan termasuk ketika kamu membayar belanjaanmu dengan kartu debit atau kartu kredit. Dengan begitu, kamu akan bisa mengenali pos-pos pengeluaran mana saja yang memboroskan uangmu dan bisa kamu kurangi.

Selamat tinggal, hutang kartu kredit!

SHUTTERSTOCK
Selamat tinggal hutang kartu kredit

Sebagian dari kita kadang terjebak dalam perilaku impulse buying yaitu gemar membeli barang-barang karena tergiur dengan rayuan diskon. Dalam kondisi semacam ini, biasanya kita tidak mempertimbangkan apakah barang tersebut dibutuhkan saat ini atau tidak. Lalu, bagaimana jika tagihan struk menunjukkan nominal angka lebih yang lebih besar daripada yang telah kamu siapkan? Kamu mungkin tak segan mengeluarkan kartu kredit untuk memuaskan nafsu belanja.

Kartu kredit yang seharusnya digunakan sebagai alat pembayaran non tunai beralih menjadi sarana penumpukan hutang. Jika ini terus berlangsung, maka akan semakin tinggi bunga yang harus kamu bayar. Akibatnya, stabilitas keuanganmu pun jadi terancam. Untuk menghindarinya, segera lunasi hutang kartu kreditmu sebagai langkah awal mengatur keuanganmu di awal tahun 2020 ini.

Halo, passive income!

Libra Keuangan
Pendapatan pasif

Kebutuhan perempuan jaman sekarang begitu banyak dan semakin kompleks. Namun, untuk memenuhinya, kebanyakan perempuan hanya mengandalkan satu sumber pendapatan saja yaitu gaji yang ia miliki sekarang. Padahal ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Salah satu sumber penghasilan pasif yang digemari masyarakat Indonesia saat ini yaitu peer to peer (P2P) lending. Apa itu P2P lending? P2P lending adalah kegiatan pinjam meminjam yang dilakukan secara online melalui sebuah platform (website) yang menghubungkan antara peminjam (borrower) dengan pemberi pinjaman (lender).

Untuk menghasilkan uang melalui kegiatan P2P lending, kamu bisa menjadi lender dan memberikan pinjaman kepada peminjam yang membutuhkan dana. Untuk meminimalkan risiko, pilih platform yang legal, yaitu yang telah memiliki tanda terdaftar dari OJK. Selain itu, kamu juga bisa memilih platform yang khusus melayani peminjam yang merupakan pelaku usaha. Tujuannya, agar uang yang kamu pinjamkan digunakan untuk membiayai kegiatan usaha sehingga menghasilkan uang lagi.

Salah satu platform P2P lending yang memfasilitasi pendanaan pinjaman kepada pelaku usaha yaitu Mekar.id. Perusahaan yang telah terdaftar dan memiliki tanda berizin dari OJK ini menawarkan kemudahan untuk kamu yang ingin mendanai pelaku UMKM Indonesia dan menghasilkan penghasilan pasif hingga 12,5% flat per tahun. Jadi, tak hanya mendapatkan keuntungan, kamu juga ikut membantu usaha kecil Indonesia tumbuh dan berkembang, lho!

Nah, setelah kamu menyusun resolusi finansial untuk tahun 2020, kini saatnya untuk take action dan mewujudkannya! Fokus, konsisten, dan terus semangat ya, Woop ladies!

Selanjutnya: 

Baca: Masalah Keuangan yang Paling Sering Dialami Milenia

Baca: Cara Cerdas untuk "Survive" Saat Keuangan Menipis di Akhir Bulan

Baca: Hati-hati! Suka Menunda Sesuatu Bisa Bikin Keuangan Berantakan

Loading Facebook Comment ...