4 Alasan Mengapa Kamu Belum Mendapatkan Promosi di Kantor

4 Alasan Mengapa Kamu Belum Mendapatkan Promosi di Kantor
ISTOCK

Coba pikirkan kenapa sampai sekarang kamu tidak juga mendapatkan promosi kerja di kantor! Mungkin, empat alasan ini menjadi salah satunya penyebabnya. 

Mendapatkan pekerjaan di tempat kerja yang sudah diincar daridulu merupakan suatu kebanggaan, apalagi sesuai dengan passion yang dimiliki. Rasanya seperti mendapatkan lotre. Seiring berjalannya waktu, pekerjaan demi pekerjaan datang menghampiri dan ternyata tidak semulus jalan tol, selalu saja ada hambatan dan tantangan di depan. Jika kinerja pekerjaanmu selalu bagus, kamu bisa dengan cepat mendapatkan promosi kerja. Namun apabila keadaan sebaliknya, kamu harus susah payah dan bekerja lebih keras lagi untuk mendapatkan sebuah promosi. Oleh sebab itu, kenali empat alasan mengapa kamu tidak juga mendapatkan promosi di tempat kerja (yang sebenarnya layak kamu dapatkan).

Kurang Terampil dengan Pekerjaan yang Diperlukan

Terkadang, kita memang dinilai mampu untuk mengerjakan apapun di tempat kerja. Namun pasti ada saja kekurangan yang kita miliki. Toh, manusia tidak ada yang sempurna. Tapi yang mungkin dipahami kebanyakkan karyawan tentang keputusan promosi; biasanya promosi hanya dilihat dari kinerja yang baik atau tidak di tempat kerja. Ternyata itu salah besar! Selain kinerja dan passion yang kamu miliki, kamu juga harus memiliki keterampilan yang lebih, sehingga menunjang performa kamu di tempat kerja.

Tidak Mempunyai Jiwa Kepimpinan dan Team Work

Mungkin, kamu sukses dibidang yang kamu jalankan sekarang. Tapi apakah kamu bisa menjadi seorang pemimpin yang baik untuk sebuah tim di tempat kerja? Keterampilan yang dimiliki tidak harus pada teknisnya saja. Coba kamu beralih memegang kendali menegemen perusahaan, disana kamu harus benar-benar bisa menguasai cara bernegoisasi terhadap klien, berkomunikasi dengan baik, sampai menjadi pemimpin yang baik untuk sebuah tim. Sekarang kamu hanya perlu mengembangkan soft skill yang sangat diperlukan apabila ingin sukses dalam pekerjaan yang diinginkan.

img

Tidak Memiliki Inisiatif

Karyawan yang cepat tanggap dan memiliki rasa inisiatif sangat dibutuhkan ole sebuah perusahaan. Apalagi jika ada masalah, mereka biasanya memiliki solusi yang cepat dan mampu menyelesaikan masalah dan pekerjaan dengan tepat waktu. Menjadi pemecah masalah akan menunjukan bahwa kamu peduli, tidak hanya tentang pekerjaan dan karier saja, tapi juga tentang ‘kesehatan’ perusahaan. Jangan hanya mendokumentasikan masalah yang kamu lihat, cobalah untuk menganalisis masalah dan menemukan cara untuk terlibat dengan memikirkan sebuah solusi. Bekerjasama dengan orang lain untuk menciptakan perubahan yang positif sehingga orang tersebut akan beranggapan bahwa kamu adalah calon pemimpin yang baik.

Kurang Profesional

Dari semua alasan di atas, kurang profesional merupakan sebuah alasan yang paling tidak diinginkan. Meski kamu memiliki keterampilan, pekerjaan bagus, tapi masalah profesionalitas tetap menjadi masalah utama. Jika kamu kurang memiliki rasa tersebut, kamu seharusnya lebih berhati-hati, apalagi jika kamu ingin mendapatkan karier yang cemerlang. Tentunya, kamu harus memiliki sikap yang profesional, tidak hanya dalam perusahaan saja tapi diberbagai aspek.

Selanjutnya: Apakah kamu seorang karyawan? Apakah kamu sering merasa tertekan? Jika iya, kamu harus mulai berhati-hati. Karena mungkin kamu sedang mengalami gangguan kesehatan ini.